Enam Produk Kebanggaan Amerika Serikat

Kota New York
Sumber :
  • MSN Autos

VIVAnews - Di tengah serbuan produk-produk asal China dan tersalipnya produk manufaktur Amerika Serikat oleh negara tersebut, ada enam produk asli Amerika Serikat yang dinilai tidak akan dapat dikalahkan oleh negara mana pun.

Sejak 2010 kekuatan ekonomi Amerika Serikat mulai tersalip oleh China. Hal ini bisa dilihat dari China yang menguasai 19,8 persen produksi manufaktur dunia, terbesar pertama, lalu mengekor Amerika Serikat yang menguasai 19,4 persen.

Walaupun begitu, ada produk-produk spesialis Amerika Serikat dan tidak bisa ditiru oleh negara manapun, termasuk China. Barang-barang tersebut telah diakui memiliki kualitas dunia dan hanya diproduksi di Amerika Serikat.

Laman Minyanville, Sabtu 30 Juni 2012, melansir 10 produk Amerika Serikat yang menjadi kebanggan Amerika Serikat, antara lain:

1. Motor
Siapa yang tidak mengenal merk motor yang telah melegenda ini, Harley Davidson. Bersuara keras, kokoh dan gagah adalah tiga hal yang tidak terbantahkan lagi. Harley Davidson telah  menjajal jalanan Amerika Serikat sejak 1903.

Motor Harley Davidson dirancang dan diproduksi di Milwaukee di mana 60 persen suku cadangnya saat ini buatan Amerika Serikat dan sisanya diimpor dari berbagai belahan dunia. Saking terkenalnya, setiap tahun Harley Davidson meraup pendapatan U$40 juta hanya untuk lisensi logo dan desain merek.

2. Industri Film
Di tengah serbuan film-film India, Hollywood masih merajai dunia perfilman dunia dengan meraup keuntungan tertinggi dalam setiap filmnya. 87 dari 100 film terlaris sepanjang masa yaitu sekitar US$67,5 miliar merupakan buatan Amerika Serikat, 13 film sisanya merupakan produksi Sony Pictures Corporation, anak perusahaan dari Sony Corporation yang bermarkas di Jepang.

Di peringkat teratas terdapat News Corp, yang berhasil meraup US$2,8 miliar dari film Avatar. Sedangkan peringkat kedua terdapat Viacom berhasil meraup US$2,2 miliar dari film Titanic. Sedangkan di peringkat ketiga terdapat Walt Disney Company dengan film Marvel's The Avengers yang berhasil menghimpun keuntungan US$1,3 miliar dari penayangan filmnya di seluruh dunia.

3. Senjata
Dengan anggaran pertahanan yang paling besar di dunia, sebesar US$711 miliar pada 2011 lalu, bisa dipastikan industri senjata di Amerika Serikat sangat besar. Locheed Martin, Northrop Grumman dan Boeing merupakan tiga perusahaan terbesar asal Amerika Serikat yang memproduksi senjata dan teknologi. Tiga perusahaan ini berhasil meraup pendapatan sebesar US$27,5 miliar pada 2011.

Pendapatan tersebut bukan hanya berasal dari pemerintah Amerika serikat, namun seluruh dunia. Amerika Serikat merupakan eksportir senjata terbesar di dunia, mencapai US$10 miliar pada 2011.

4. Korek api
Hanya Zippo, produk korek api yang berani memberikan jaminan garansi korek api seumur hidup. Zippo sejak tahun 1933 telah merancang dan memproduksi ribuan bentuk. Bentuk yang kokoh dan desain yang mampu membuat api tetap menyala walaupun ditiup angin kencang merupakan kelebihan pemantik api ini.

Pada 5 Juni 2012 lalu, Zippo telah meluncurkan pemantik api yang ke 500 juta. Zippo yang terkenal sejak perang dunia II ini menjadi salah satu ikon Amerika Serikat selain Harley Davidson.

5. Komputer
Tiga perusahaan Amerika Serikat merajai penjualan komputer dan laptop dunia saat ini. Di peringkat pertama Apple Corp saat ini tercapat sebagai penjual komputer dan laptop terlaris saat ini dengan nilai penjualan mencapai US$127,8 miliar pada 2011, diikuti oleh Hewlett-Packard dengan US$125 miliar dan DELL senilai US$62 miliar.

Sedangkan untuk perangkat lunak, berdasarkan data Forbes 7 dari 10 perusahaan perangkat lunak berasal dari Amerika Serikat. Ketujuh perusahaan tersebut antara lain Microsoft, Oracle, Symantec, CA, VMware, Adobe System dan Intuit.

6. Miliarder
Walaupun orang terkaya saat ini, Carlos Slim, merupakan warga negara Meksiko namun 11 dari 20 orang terkaya dunia versi Forbes adalah warga Amerika Serikat. Pemilik Microsoft, Bill Gates, merupakan orang terkaya kedua di dunia dengan total kekayaan US$61 miliar yang lalu diikuti oleh Warren Buffet sebesar US$44 miliar.

Di peringkat keenam terdapat Larry Ellison, pemilik Oracle dengan nilai kekayaan US$36 miliar. Walton bersaudara pemilik Wal-Mart, Christy Walton, Jim Walton, Alice Walton, dan S. Robson Walton masing-masing di peringkat 11,16,17, dan 18 dengan total kekayaan sebesar US$95,4 miliar.

Di peringkat selanjutnya terdapat Charles Koch dan adiknya David Koch yang memiliki Koch Industries berada di peringkat 12 dengan nilai kekayaan US$25 miliar. Dan di peringkat terakhir terdapat Michael Bloomberg, pengusaha yang kini menjadi walikota New York. Bloomberg  memiliki 88 persen saham media massa dengan total kekayaan sebesar US$22 miliar.

Fadli Zon Didaulat Jadi Dewan Penasihat Parlemen Asia Tenggara untuk Kemerdekaan Palestina
Mobil listrik Neta V-II

Fungsi 9 Fitur ADAS di Mobil Listrik Neta V-II yang Bikin Aman Berkendara

Mobil listrik Neta V-II tak cuma hadir dengan pembaruan desain dan baterai saja dari model awal, tapi juga dibekali oleh 9 fitur ADAS. Apa saja fungsi masing-masing fitu.

img_title
VIVA.co.id
11 Juli 2024