Lima Pilihan Bisnis Tepat bagi Pensiunan

masa pensiun
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Menjelang masa pensiun datang, tidak sedikit orang yang merasa galau akan nasib keuangan. Maklum, pensiun sejauh ini identik dengan tidak produktif di sektor formal. Penghasilan yang biasa didapatkan seseorang melalui kerja di sektor formal, ikut terhenti.

Lewati Pembatas Jalan, Mitsubishi Xpander Tercebur Masuk Selokan

Anda beruntung bila telah memiliki persiapan memadai untuk masa pensiun, terutama dari sisi finansial. Namun, bila persiapan keuangan Anda untuk masa pensiun belum sepenuhnya baik, tidak perlu berkecil hati.

Menjadi pensiunan bukan berarti produktivitas Anda berhenti total, bukan? Anda tetap bisa berkreasi bermodal pengalaman dan keahlian yang Anda miliki, untuk memulai bisnis sehingga tetap mampu menghasilkan uang. 

Mobil Porsche Macan Terbang dan Tabrak Kantor Polisi

Anda bisa memilih bisnis sesuai keahlian Anda yang tidak terlalu menguras fisik dan waktu namun tetap menawarkan potensi menarik dari sisi keuntungan. 

Berikut ini enam inspirasi bisnis yang cocok bagi Anda yang tengan menyiapkan pensiun, dari Halomoney.co.id:

Sebanyak Ini Sarwendah Keluarkan Uang Untuk Mobil Betrand Peto

1. Bisnis rumah kost atau kontrakan

Tempat tinggal merupakan kebutuhan primer banyak orang, sehingga bisnis di bidang properti sangat prospektif. Sebelum Anda pensiun, Anda bisa fokus mencari lokasi yang tepat untuk membangun rumah kos atau kontrakan.

Cari lokasi yang strategis, misalnya di dekat kampus, perkantoran atau pabrik. Atau, lokasi yang berdekatan dengan sarana transportasi publik seperti stasiun atau terminal.

Anda bisa memanfaatkan modal dari tabungan Anda untuk membangunnya. Harga properti selalu naik, jadi Anda tidak akan rugi berinvestasi rumah kos atau kontrakan. Lagipula, menjalankan bisnis jenis ini sangat santai karena Anda bisa memantau dan menjalankannya dari rumah. 

2. Dosen atau guru les

Menjadi dosen merupakan salah satu pilihan terbaik bagi pensiunan karena jamnya yang fleksibel. Selain itu, Anda tetap mengingat pengetahuan yang sudah didapat dengan susah payah. Anda bisa melamar untuk menjadi dosen terbang atau dosen tamu di sekolah tinggi atau universitas.

Selain menjadi dosen, menjadi guru les juga  bisa menjadi pilihan lain karena sama-sama memiliki jam kerja yang juga sangat fleksibel. Anda bisa mengajar mata pelajaran di sekolah, mengajar alat musik, sepak bola atau keahlian yang Anda kuasai lainnya. 

3. Penyewaan mobil

Selain properti, bisnis sewa mobil ini juga dapat dilakukan dengan santai oleh para pensiunan atau calon pensiunan karena bisa dikerjakan di rumah. Bisnis sewa mobil memiliki prospek yang menjanjikan karena sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting masyarakat saat ini.

Penyewaan mobil tak perlu modal besar karena hanya dengan memiliki dua mobil saja, Anda sudah bisa jalan dengan bisnis itu. Untuk memulainya, Anda bisa menyewakan mobil pribadi atau membeli mobil bekas dengan kapasitas besar, seperti mobil jenis multi purpose vehicle (MPV). 

Atau, bisa juga Anda memanfaatkan keberadaan aplikasi penyedia transportasi yang tengah berkembang belakangan. Seperti Go-Car, Grabcar juga Uber-Car. Bila tidak memiliki waktu dan tenaga untuk menjalankannya langsung, Anda bisa menyewakan mobil saja dan bekerjasama dengan sopir dengan system bagi hasil.

4. Bisnis kuliner atau makanan

Bisnis seputar perut atau makanan minuman prospeknya cenderung stabil karena terkait kebutuhan perut yang menjadi kebutuhan pokok orang.

Cukup siapkan modal untuk membuka warung atau tempat makan, baik dengan merek sendiri atau membeli waralaba. Anda tidak harus menjalankannya sendiri.  Anda bisa merekrut tenaga kerja sebagai tenaga operasional.

Bila ingin skala lebih besar, Anda bisa membuka restoran. Namun, tantangan di bisnis ini tidak kecil. Anda harus mampu menghadirkan layanan dengan kualitas yang stabil agar pelanggan tidak kapok membeli produk Anda.

5. Menjadi konsultan

Pengalaman kerja Anda selama puluhan tahun serta jaringan yang sudah Anda bangun sekian lama, adalah modal terbesar Anda. Anda bisa melanjutkan masa produktif dengan menjadi konsultan di segmen yang Anda kuasai.

Misalnya, bila dahulu Anda seorang wartawan, Anda bisa menimbang menjadi konsultan media. Bila dahulu Anda bekerja sebagai pegawai pajak, membuka layanan konsultasi pajak juga sangat prospektif.

Anda bisa mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk memasarkan produk Anda. Nah, bila Anda masih membutuhkan tambahan modal berbisnis, Anda bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan dari berbagai bank penyedia di Halomoney.co.id. Di situs ini Anda juga bisa membandingkan berbagai produk KTA sekaligus mengajukan dengan mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya