Inggris Siap Pasok Bahan Bakar Pesawat Indonesia

Menhub Inggris Lord Callanan dan Menhub Indonesia Budi Karya Sumardi.
Sumber :
  • Viva.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Pemerintah Inggris mengungkapkan kesiapannya untuk menyediakan bantuan bagi Indonesia, terutama dalam bidang manajemen dan peningkatan kualitas transportasi udara. 

RI Kerjar Target Net Zero Emission 2060, BP Janji Investasi US$10 Juta Per Tahun

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Inggris, Lord Callanan, selama melakukan kunjungan kerja ke Indonesia.

"Kami akan membantu Indonesia dalam hal air space management dan kami ingin British Petroleum (BP) ikut terlibat dalam penyediaan bahan bakar pesawat di Indonesia," kata Callanan di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Agustus 2017.

BP Gandeng Kadin Salurkan Vaksin COVID-19 Senilai Rp21 Miliar

Callanan menilai adanya kompetisi dalam penyediaan bahan bakar untuk pesawat merupakan sesuatu yang baik. Dengan adanya kompetisi yang memungkinkan BP masuk ke market Indonesia, maka harga bahan bakar untuk maskapai seperti Garuda Indonesia dan maskapai lainnya akan berdampak.

"Ini akan membantu semua proses dalam penerbangan menjadi efisien. Ini artinya, kita akan menciptakan harga yang lebih murah untuk konsumen," ujarnya.

Saingi Pertamina, British Petroleum Bakal Buka 350 SPBU

Callanan kemudian mencontohkan bagaimana market di Inggris, khususnya dalam bidang penyuplai bahan bakar yang sangat kompetitif. Adanya variasi tersebut kemudian berpengaruh kepada harga penerbangan yang lebih terjangkau bagi konsumen.

"Jadi kami pikir dengan masuknya BP akan bermanfaat bagi kedua belah pihak," kata Callahan.

Menanggapi hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan akan melakukan diskusi secara intens dengan perwakilan Inggris di Indonesia agar program usulan tersebut tidak hanya dibicarakan di sini saja, tetapi dapat menjadi langkah konkret bagi kerja sama kedua negara. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya