31 Desember, 4 Anak Usaha Indofood Merger

VIVAnews - Empat anak perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) akan merealisasikan penggabungan usaha ke dalam PT Indofood CBP Sukses Makmur.

Empat perusahaan itu adalah PT Indosentra Pelangi, PT Gizindo Primanusantara, PT Indobiskuit Mandiri Makmur, dan PT Ciptakemas Abadi.
 
Berdasarkan prospektus perseroan yang dipublikasikan di Jakarta, Senin 23 November 2009 disebutkan, Indofood CBP Sukses Makmur akan menjadi perusahaan hasil penggabungan.

Sementara itu, empat perusahaan yang bergabung akan bubar demi hukum, tanpa dilakukan likuidasi lebih dahulu.

Penggabungan perusahaan ke dalam Indofood CBP itu akan dilakukan melalui metode penyatuan kepentingan (pooling of interest) sesuai standar akuntasi keuangan dan ketentuan hukum yang berlaku.

Merger akan efektif sejak tanggal pendaftaran akta penggabungan dan perubahan anggaran dasar. Penyelesaiannya diharapkan pada 31 Desember 2009.

Tujuan penggabungan di antaranya adalah untuk menjadikan perusahaan produsen produk konsumen bermerek yang terintegrasi, sehingga dapat diperoleh biaya produksi atau operasional yang lebih rendah.

Selain itu, untuk meningkatkan daya saing dengan tercapainya sinergi dalam proses produksi dan pemasaran. Penggabungan juga untuk memperoleh struktur keuangan yang lebih kuat, sehingga dapat mendukung pengembangan usaha perseroan.

Merger juga untuk antisipasi memperoleh pendanaan dari pihak ketiga.

Perusahaan hasil penggabungan akan memiliki modal dasar Rp 750 miliar, yang terdiri atas 750 juta saham dengan nilai nominal Rp 1.000 per saham. Modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp 466,47 miliar.

Susunan pemegang saham perusahaan hasil merger adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) yang memiliki sebanyak 466.476.177 saham dan PT Prima Intipangan Sejati sebanyak satu saham.

arinto.wibowo@vivanews.com

Sudah Dekati Menantu Namun Masih Berjarak, Apa yang Perlu Dilakuan Ibu Mertua, Ini Kata Mamah Dedeh
Proses evakuasi kecelakaan bus SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang

Pengakuan Mengejutkan Sopir Bus Maut Subang Ungkap Penyebab Kecelakaan

Sadira, Sopir bus maut Trans Putera Fajar di Ciater, Subang, Jawa Barat yang membawa rombongan SMK Lingga Kencana Depok, mengaku sudah tahu kalau kondisi rem sempat berma

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024