Erick Thohir: BUMN Produksi 6 Juta Masker di Bulan April

Menteri BUMN Erick Thohir dan Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin
Sumber :
  • Sherly/VIVAnews

VIVA – Menteri BUMN, Erick Thohir menyebutkan, stok masker yang ada di PT Kimia Farma saat ini, dalam kondisi fluktuatif untuk memenuhi lonjakan kebutuhan masyarakat Indonesia. Bahkan barang yang dianggap bermanfaat untuk pencegahan penyebaran virus Corona arau Covid-19 itu kerap habis di pasaran.

Politisi Golkar Misbakhun Raih Gelar Doktor Ekonomi, Disertasi soal Peran DPR RI Masa Pandemi Covid

"Kondisinya saat ini fluktuatif, karena sesuai dengan kebutuhan di daerahnya. Seperti yang saya cek beberapa waktu lalu, untuk di Jakarta dan Padang, sedangkan di Manado kehabisan," katanya di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu, 11 Maret 2020.

Untuk mencukupi kebutuhan itu, nantinya BUMN akan memproduksi 6 juta masker di bulan April 2020. Di mana, terkait dengan ketersediaan bahan baku, ia menjamin masih ada. Kalaupun nantinya habis, maka harus mencari ke Eropa.

Mau Awet Muda Terus? Yuk Coba Resep Anti Penuaan Ini di Rumah

"Untuk buat enam juta masker itu, bahan baku kita yang dari China masih aman. Tapi, kalau habis ya kita cari ke Eropa," ujarnya.

Namun ia menegaskan, bila nantinya bahan baku masker dari sejumlah negara itu telah habis atau tidak bisa dikirimkan lantaran adanya penutupan penerbangan. Maka, pihaknya akan membuat lapisan masker itu menggunakan bahan baku yang ada di dalam negeri.

Antisipasi Gangguan Kesehatan, Jemaah Haji Diimbau Gunakan Masker

"Makanya ke depan, masalah bahan baku masker ini, yakni bagian lapisan dalam yang kecil itu, kita harus bisa membuatnya sendiri. Kenapa harus bergantung pada negara lain lagi," ungkapnya.

Ilustrasi paru-paru.

Kasus TB Melonjak Estimasi Hingga 1 Juta Lebih, Kemenkes Ungkap Alasannya

Kasus Tuberkulosis (TB) di Indonesia menempati urutan kedua terbanyak di dunia setelah India. Di tahun 2023 lalu, angka kasus TB di Indonesia tercatat sebanyak 969 ribu.

img_title
VIVA.co.id
6 Juni 2024