Merek Top Dunia Gucci Pakai Tenun Indonesia

VIVAnews - Brand internasional Gucci ternyata menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan baku. Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan tenun Indonesia telah dipercaya oleh pasar internasional.

"Tenun kita dianggap sangat berharga karena handmade (buatan tangan) dan brand internasional seperti Gucci mau bekerjasama dengan pengrajin tenun kita," kata Hidayat di Jakarta, Selasa, 6 April 2010.

Dengan demikian, dia menambahkan, mutu tenun tradisional Indonesia berskala internasional. Contohnya, salah satu merek internasional mengajak kerjasama dengan mencantumkan label "by Indonesia".

Namun Hidayat menyayangkan, antusiasme pasar domestik sendiri terhadap tenun tradisional masih rendah. Dia berharap perkembangan tenun tradisional bisa sama pesat dengan produksi batik.

Karena prosesnya yang masih tradisional, jumlah pengrajin tenun terus mengalami penurunan. Tahun ini saja, jumlah pengrajin mengalami penurunan hingga 45 persen.

"Mungkin skala ekonomi kurang efisien atau akan lebih menguntungkan jika bekerjasama dengan international brand," kata Hidayat.

Pemko Medan Sediakan Videotron Raksasa untuk Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan
VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Jalur Gaza, Palestina

Parlemen Arab Desakkan Investigasi Internasional Kejahatan Israel di Gaza

Parlemen Arab menyerukan investigasi internasional independen segera pada penemuan kuburan massal di Rumah Sakit Al-Shifa dan Rumah Sakit Nasser.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024