Kiat Dahlan Iskan Tekan Biaya PLN

Dahlan Iskan
Sumber :
  • KDW | VIVAnews

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berhasil menghemat pembelian trafo dari Rp120 miliar menjadi Rp67 miliar untuk lima trafo yang dipasang di Bekasi, Cibatu, Gandul, Kembangan, dan Cilegon. Bahkan PLN berhasil menghemat lagi pembelian trafo anggaran 2011 menjadi Rp37 miliar.

"Kita ubah cara pengadaannya, jika dulu kita tender untuk satu gardu induk, sekarang tidak lagi.  Kita tender hanya barang-barang yang dibutuhkan," kata Direktur Utama PLN Dahlan Iskan di Jakarta, Rabu 15 Desember 2010.

Menurut Dahlan, dengan cara tender per barang, harga yang diperoleh jauh lebih murah. PLN pun berhasil menghemat pembelian trafo hampir 50 persen.

Untuk rencana pembelian trafo 2011, PLN berhasil membeli dengan harga Rp37 miliar untuk 160 unit. Apakah dulu ada indikasi mark up pembelian trafo? Dahlan menjawab, "Saya tidak tahu."

"Tapi masa lalu pembayaran PLN tidak pasti dilakukan dalam satu tahun, jadi cenderung dimahalkan," kata Dahlan.

Senada dengan Dahlan Iskan, Manajer Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto menjelaskan, saat ini proses tender PLN melalui electronic procurement sehingga proses pengadaan barang PLN dapat langsung kepada produsen dan lebih transparan. "Dengan e-procurement, PLN bisa lebih menghemat anggaran," katanya. (umi)

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca Berikan Efek Samping Cedera Serius Hingga Kematian
Seorang Jurnalis Palestina Tewas di Gaza Akibat Serangan Israel

Jelang Hari Kebebasan Pers Sedunia, Gaza Berduka Atas Kematian 140 Jurnalis dalam Serangan Israel

141 jurnalis media Palestina tewas dan 70 lainnya terluka dalam perang Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza. Sedangkan, 20 jurnalis lainnya ditahan Israel.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024