Bakrieland Ubah Jonggol Jadi Kota Mandiri

GCG Awards : Hiramsyah Thaib, Etty Retno Wulandari & Effendi Gani
Sumber :
  • ANTARA/Audy Alwi

VIVAnews - PT Bakrie Development Tbk (ELTY) berencana mengembangkan Bukit Jonggol Asri sebagai Kota Mandiri. Perseroan akan mengembangkan tanah seluas seluas 35 ribu hektare dalam 20 tahun ke depan.

"Konsep Jonggol harus punya karakter sendiri tidak boleh membebankan Jakarta," kata CEO Bakrieland Development Hiramsyah S Thaib di Jakarta, Senin 20 Desember 2010.

Hiramsyah menuturkan, Bukit Jonggol Asri akan memiliki pusat ekonomi baru. "Agar tidak membebankan Jakarta, ekonomi kreatif misalnya akan menjadi ekonomi baru Jonggol," tambah dia.

Selain perumahan, perseroan juga akan mengembangkan taman bermain (theme park) dan pusat perbelanjaan di Bukit Jonggol Asri. "Yang pasti, konsepnya hijau agar sesuai dengan tata ruang pemerintah Jawa Barat yang akan rampung sebentar lagi," kata Hiramsyah.

Pertimbangan ini, kata Hiramsyah, terkait dengan tren adanya migrasi penduduk ke kota besar dalam beberapa tahun terakhir. "Orang tidak lagi tinggal di pedesaan tapi di kota besar, migrasi ini dapat mengubah keseimbangan," ujar dia.

Salah satu cirinya, dengan jarak tempuh yang berubah menjadi dua kali lipat dalam kurun waktu 1,5 tahun. "Orang biasanya menempuh 10 menit menjadi 20 menit, satu jam menjadi dua jam, 1,5 jam bisa menjadi tiga jam," kata dia.

Alasan ini pula, menurut Hiramsyah, yang membuat Bakrieland tidak menjadikan orang yang bekerja di Jakarta sebagai target market untuk hunian Bukit Jonggol Asri. "Saya juga tidak yakin orang Jakarta mau memiliki rumah di Jonggol," tuturnya.

Sebelumnya, Bakrieland Development mengakuisisi Bukit Jonggol Asri memeroleh satu mitra strategis dalam pendanaan penyertaan saham di hingga 51 persen. Adapun total nilai transaksi itu sebesar Rp1,91 triliun.

Sementara itu, selain dari mitra strategis, untuk pengembangan Jonggol tersebut pendanaan akan dipenuhi Bakrieland melalui kas internal hasil penerbitan saham baru sebesar Rp3,4 triliun dan pinjaman perbankan. (hs)

Paparkan Revolusi Ketenagakerjaan PMI, Kepala BP2MI Sebut Golden-Triangle Harus Kolaborasi Solid
Cak Imin sambut elite PPP di markas PKB, Jakarta Pusat

PKB Bantu Doain PPP Lolos di MK, Cak Imin Apapun yang Diminta Kita Sediakan

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berharap PPP bisa lolos gugatan sengketa Pileg 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024