Permainan Tradisional dari Beberapa Provinsi di Indonesia

anak kecil
anak kecil
Sumber :
  • pixabay.com

Photo :
  • unsplash.com

VIVA – Di zaman yang sekarang semakin mudah mendapatkan informasi saat ini, mayoritas anak indonesia akan lebih memilih memainkan video game dan gadget sebagai permainan favorit. Permainan tradisional ini sudah jarang sekali terlihat khususnya di daerah kota-kota besar di Indonesia karena sudah tergantikan dengan video game dan gadget.

Penggunaan gadget ini juga makin mudah karena akses internet yang bisa didapat dari mana saja, baik dari rumah maupun sekolah. Berdasarkan data Internet World Stats and Populations Statistics (2020), per 31 Mei 2020 lalu, Indonesia termasuk pengguna internet terbesar di dunia.

Jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 171,26 juta orang dari total penduduk Indonesia. Hal tersebut tentu menandakan bahwa internet telah menjadi bagian aktivitas keseharian dari masyarakat, termasuk anak-anak.

"Gadget menjadi alat yang sangat penting. Mungkin saat ini, anak bukan hanya satu memiliki gadget tapi mungkin beberapa. Bukan lagi pada anak SD sampai kuliah tapi juga pada anak TK," kata dr. Suzy Yusna Dewi, SpKJ(K), Kepala Instalasi Anak dan Remaja RSJ Soeharto Heerdjan, Grogol, Jakarta Barat

Dalam buku Permainan Tradisional Anak Negeri (2019) karya Balai Pustaka, setiap daerah memiliki permainan yang sama dengan penyebutan yang berbeda.

Sebenarnya, hampir semua daerah di Indonesia punya permainan tradisional yang seru untuk dimainkan dan dapat memicu kreativitas sekaligus menyehatkan tubuhJadi semestinya permainan tradisional yang semakin jarang ditemukan dan tergerus jaman ini mulai dilestarikan kembali.

Halaman Selanjutnya
img_title