Macan Tutul Nyaris Bunuh Induknya saat Makan Impala

Ilustrasi macan tutul.
Ilustrasi macan tutul.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA – .Macan tutul anakan nyaris saja membuat celaka induknya saat asyik memakan mangsanya. Momen ini terjadi di Sabi Sand Game Reserve, dekat taman nasional Nasional Kruger di Lowveld Mpumalanga, Afrika Selatan.

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @Sabrewildlife itu, terlihat macan tutul indukan atau betina baru saja memburu mangsanya. Kucing besar itu berhasil menangkap dan membunuh impala.  Menariknya, macan tutul betina dan anaknya tidak memakan daging impala di padang rumput, melainkan membawa untuh tubuh mangsanya ke atas pohon.

Rekaman menujukkan, macan tutul dewasa menggigit bagian leher impala.Lalu dengan cepat memanjat ke atas pohon seraya membawa mangsanya.Sementara di atas pohon, macan tutul anaknya sudah menanti makan lezat tersebut. Setelah menyimpan daging hasil buruannya, macan tutul dewasa kemudian turun.

Sementara sang anak asyik menikmati daging impala sendirian. Sayang, momen pesta ini menjadi kacau lantaran tubuh impala jatuh dari atas pohon. Celakanya lagi, bangkai impala itu jatuh tepat di atas kepala induk macan tutul.Tampak, sang induk begitu terkejut dengan peristiwa tersebut, sebelum kemudian membawa kembali tubuh mangsanya.

Sebagaimana informasi, macan tutul sering menyembunyikan mangsanya yang berukuran besar di pohon, perilaku yang juga membutuhkan kekuatan besar. Ada beberapa pengamatan tentang macan tutul yang mengangkut bangkai jerapah muda, diperkirakan memiliki berat hingga 125 kg, yaitu 2–3 kali berat macan tutul, hingga 5,7 meter ke atas pohon.

Dalam memburu calon mangsanya, macan tutul bergerak secara sembunyi-sembunyi dan suka berjalan dekat dan berlari dengan jarak yang relatif pendek mengikuti mangsanya. Mereka membunuh dengan cara mencekik yaitu dengan menerkam mangsa mereka pada bagian leher ke tenggorokan dan menggigitnya dengan rahang mereka yang kuat. Mereka jarang melawan predator lain untuk memperoleh makanan mereka. 

SUMBER ASLI