Allah SWT Membenci Orang yang Gemuk?Ini Penjelasannya

Ilustrasi badan gemuk.
Ilustrasi badan gemuk.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Terdapat hadis masyhur yang menyebar di masyarakat yang menyatakan, bahwa Allah membenci orang gemuk. Akan tetapi, hadis ini tidak sahih. Terkadang hadis ini dibawa untuk memotivasi orang untuk melakukan diet agar menjadi kurus.

Benarkah orang gemuk dibenci oleh Allah? Gemuk yang bagaimana? Berikut sedikit pembahasannya. Di bawah ini adalah hadis masyhur yang menyatakan bahwa Allah membenci orang gemuk. Terdengar sedikit tidak percaya.  “Sesungguhnya Allah membenci seorang ahli ilmu yang berbadan gemuk.”

Syekh Muhammad Shalih Al-Munajjid Hafidzahullah menjelaskan, bahwa hadis ini tidak sahih dan tidak boleh disandarkan kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau berkata setelah melakukan penelusuran terhadap sanad hadis ini. “Setelah menelusuri hadis ini, jelaslah bagi kita bahwa hadis ini tidak berasal dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. Tidak boleh menisbatkannya kepada beliau. Hadis ini tidak sahih dari berbagai riwayat para sahabat Radhiallahu ‘anhu.” (as-Su-aal Wal Jawab, no. 137177)

Terdapat beberapa hadis lainnya yang secara dzahir menunjukkan tercelanya orang yang gemuk. Akan tetapi, perlu rincian penjelasan dari para ulama tentang apa maksud hadis tersebut. Hal ini karena hadis tersebut bukan mencela gemuk secara mutlak.

SUMBER ASLI