4 Tanda Fisik Stres yang Tak Boleh Kita Abaikan

Cemas dan stres
Cemas dan stres
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Tubuh kita sebenarnya bisa menunjukkan tanda-tanda stres. Dari bagaimana kita bereaksi secara fisik terhadap percakapan yang intens hingga fungsi pikiran dan detak jantung kita. Ketika stres itu sudah tak tertahankan, beragam tandanya akan terlihat.

Di sini, profesional medis mengungkapkan sinyal stres ini dan membagikan cara paling efektif untuk mengelolanya.

1. Lelah di pagi hari tetapi tidak bisa tidur di malam hari

Salah satu pendiri dan kepala penasihat medis Nutrafol, Dr. Sophia Kogan, menjelaskan bahwa ketika adrenal kita berada dalam mode stimulasi berlebihan karena stres kronis dan berkepanjangan, kadar kortisol kita menjadi tidak seimbang. Apa artinya?

Ketika kita memiliki jadwal yang dapat diatur yang mencakup cukup tidur dan istirahat mental, kita akan merasa energik saat pertama kali bangun di pagi hari, dan pada malam hari kadar kortisol tersebut akan rendah, dan kita akan dapat tertidur dengan mudah.

“Seringkali polanya terbalik dengan stres kronis, di mana [kadar kortisol] terendah di pagi hari dan kemudian meningkat di malam hari. Ini bisa membuat kita lelah di pagi hari, lelah di siang hari, dan lelah di malam hari saat ingin tidur, tapi tidak bisa,” jelasnya.

2. Perut terasa keram dan tegang