Saat Asap Melanda Riau, ISPU Tidak Berfungsi

Alat ISPU di Kota Siak Tidak Menyala
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah wilayah Provinsi Riau mengakibatkan beberapa kawasan diselimuti asap. Tim penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan Riau telah melakukan tindakan di lapangan bersama instansi, terkait lainnya mulai pencegahan hingga proses pemadaman api di lahan terbakar.

Asap Kebakaran Hutan dan Lahan, Indonesia-Malaysia Saling Tuduh

Namun tidak dipungkiri, melihat jumlah titik api yang tersebar beberapa kabupaten membuat bencana asap tak dapat dibendung. Salah satu kawasan yang diselimuti asap adalah Kabupaten Siak Sri Indrapura. Asap yang terjadi menimbulkan reaksi bagi masyarakat.

Pencemaran lingkungan akibat dari dampak kebakaran hutan dan lahan sangat dirasakan langsung oleh warga. Ironisnya lagi, peralatan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Siak tidak berfungsi alias padam. Diperkirakan ini sudah terjadi sejak lama.

Asap Tebal Selimuti Kawasan CFD Pekanbaru

Padahal dengan adanya ISPU masyarakat bisa memantau atau mendapatkan informasi melalui teknologi dengan mudahnya. "Kalau tidak salah, alat ini sudah lama tak menyala. Padahal ini sangatlah penting bagi masyarakat untuk mengetahui kondisi udara. Apalagi musim asap sekarang ini," kata seorang warga, Asnah (34).

Pemandangan serupa juga terlihat di Kecamatan Perawang. Alat ISPU yang biasanya berfungsi normal kini sudah tidak menyala. Banyak warga yang mengira, bahwa peralatan itu rusak dan belum diperbaiki.

Pelalawan Riau Jadi Wilayah Paling Banyak Titik Panas
Peta Kebakaran Hutan

Persembahkan: Peta Indonesia Terkini, Lengkap dengan Kabut Asap

Terlihat warna merah yang cukup besar menyebar di beberapa titik.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2019
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.