Perempuan Lebih Banyak dari Laki-laki, Inikah Tanda Akhir Zaman?

Ilustrasi perempuan
Ilustrasi perempuan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Salah satu tanda kiamat yang sering diperbincangkan adalah jumlah perempuan lebih banyak dari laki-laki. Hal ini disandarkan pada hadis Nabi Saw tentang ciri-ciri kiamat yang tercantum dalam berbagai kitab hadis induk seperti Shahih al-Bukhari, Sunan Abu Daud, Musnad Ahmad dan lain sebagainya.

“Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda ‘Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu, merajalelanya kebodohan, banyaknya perzinaan, maraknya minum khamr, jumlah laki-laki sedikit sedangkan jumlah perempuan banyak, sampai-sampai 50 perempuan berada di naungan satu laki-laki,” (HR. Bukhari no 81 B?b al-ilm)

Hadis shahih ini mengabarkan bahwa di akhir zaman kelak, jumlah perempuan akan berkali lipat banyaknya dari laki-laki.Fenomena ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya fitnah akhir zaman yang menyebabkan banyak peperangan. Sehingga para laki-laki yang ikut serta dalam pertempuran banyak yang gugur.

Di samping itu, Imam Ibnu Hajar al-Atsqalani juga mengemukakan, banyaknya jumlah perempuan ini merupakan takdir yang Allah kehendaki, lantaran akan ada banyak bayi perempuan yang lahir, sedangkan kelahiran bayi laki-laki cenderung sedikit.

Jika melihat dari berbagai penelitian ilmiah mutakhir, kita dapat menemukan berbagai faktor lain yang mungkin saja turut mempengaruhi jumlah laki-laki di akhir zaman kelak. Misalnya penelitian yang menyatakan bahwa janin laki-laki lebih lemah dibandingkan janin perempuan.

Perbandingan Laki-laki dan Perempuan

Dalam jurnal yang ditulis Wahyu Aprilia, disebutkan bahwa janin laki-laki lebih memiliki kemungkinan untuk mengalami keguguran secara spontan atau dilahirkan dalam keadaan meninggal dibandingkan janin perempuan. Dari segi panjangnya usia, rata-rata perempuan memiliki Angka Harapan Hidup (AHH) lebih tinggi dari laki-laki.