Gapensi Minta Perpanjang Masa Proyek

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita di acara Gapensi
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita di acara Gapensi
Sumber :
  • Kemenperin

VIVAnews - Gabungan Pelaksana Konstriuksi Nasional Indonesia (Gapensi) meminta pemerintah mempertimbangan perpanjangan masa pembangunan proyek-proyek yang belum selesai.

Ketua Umum Gapensi Agus Gurlaya Kartasasmita mengatakan, perpanjangan diperlukan agar anggaran tidak hangus. "Memang terjadi keterlambatan pembangunan pada 2008. Sampai saat ini baru 54 persen, bagaimana menyelesaikan dalam 2,5 bulan?" ujar Agus saat menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu 22 Oktober 2008.

Keterlambatan itu menurut Agus, terjadi karena kenaikan empat bahan baku bangunan, yaitu baja, semen, aspal, dan kayu yang melebihi perkiraan dalam kontrak.

Sejumlah kontraktor sengaja memperlambat pekerjaannya karena belum ada kepastian mengena eskalasi ini. Meski pemerintah telah memutuskan untuk memepercepat penyerapan angaran 2008, Agus menyatakan tidak banyak pengaruhnya bagi pengerjaan konstruksi.

"Kontruski adalah pekerjaan yang harus mengikuti berbagai disiplin ilmu, tahapan-tahapannya tidak bisa diganggu dan harus didikuti," katanya.

Agus memperkirakan akan ada luncuran anggaran ke tahun 2009. Hal itu sebaiknya dilakukan karena tidak mungkin menghentikan proyek dan mengulang prosesnya dari tender.

Namun jika tidak ada sisa anggaran yang diluncurkan, optimasi proyek ini sudah cukup. "Maksudnya,; menyelesaikan setengah proyek di tahun ini dan menyerahkan sisanya pada angaran 2008," imbuh Agus.