Misteri Benteng Van Der Wijck Gombong di Kebumen

Benteng Vander Wijck di Kebumen.
Benteng Vander Wijck di Kebumen.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Benteng Van der Wijck adalah peninggalan Belanda yang terletak di kota Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Ternyata, benteng tersebut menyimpan banyak sekali cerita misteri yang bikin merinding.

Benteng Van der Wijck dibangun sekitaran tahun 1827 dengan memiliki bentuk heksagonal atau persegi delapan. Benteng memiliki ketebalan dinding sebesar 10 meter, tinggi mencapai 14 meter dan dibangun di tanah dengan luas 7.168 meter persegi.

Benteng belanda ini memiliki dua lantai. Lantai pertama memiliki 4 gerbang, di dalamnya terdapat 16 kamar besar dan 27 kamar agak kecil. Terdapat juga 72 jendela 8 tangga menuju ke lantai dua. Lantai pertama benteng memiliki 16 kamar besar dan 25 kamar lebih kecil. Ada juga penerbangan tangga yang menghubungkan lantai atap istana.

Di atas istana terdapat dua kereta kecil ditempatkan dan juga digunakan untuk mendapatkan sekitaran benteng. Menurut cerita yang beredar, Benteng Van Der Wijck memiliki cerita misteri atau mistis yang dapat membuat bulukuduk merinding. Cerita yang kami dapatkan katanya di dalam benteng sering terdengar suara orang menangis di ruangan tertentu. Ada juga suara orang-orang sedang berbaris di dalam benteng.

SUMBER ASLI