Sejarah Espresso, Kopi Khas Italia yang Gugah Selera

Blonde espresso Starbucks.
Blonde espresso Starbucks.
Sumber :
  • Starbucks

VIVA – Espresso adalah dasar dari setiap kopi non-filter. Ini adalah bentuk minuman yang paling murni dan merupakan kunci untuk memahami budaya kopi Italia. Selain memberi kita espresso, Italia juga membuka jalan bagi kopi gelombang kedua dan ketiga.

Meskipun demikian, kopi Italia berbeda dari seluruh dunia. Bahkan specialty coffee di kafe khusus dan kafe rantai besar gagal mendapatkan pijakan. Untuk memahami alasannya, kita harus memeriksa penemuan espresso – dan bagaimana hal itu membentuk budaya dan identitas Italia.

Mesin espresso.

Mesin espresso.

Photo :
  • Pixabay/StockSnap

Mesin espresso: pelopor kopi

Sekitar tahun 1901, Revolusi Industri Eropa menyebabkan penemuan espresso pertama. Itu awalnya dipahami sebagai sesuatu yang bisa disiapkan dengan cepat. Diterjemahkan secara harfiah, "espresso" berarti ekspres. Penemu Milan, Luigi Bezzara, adalah orang pertama yang mendaftarkan paten untuk mesin dengan grouphead dan portafilter. Ini adalah pertama kalinya pelanggan menyiapkan kopi untuk mereka.

Pada tahun 1905, Desidero Pavoni membeli induk ini dan memproduksi mesin espresso komersial pertama: Ideale. Ideale memiliki sedikit hubungan dengan mesin modern. Grouphead-nya mencapai suhu hingga 140 °C, pada tekanan bar yang lebih rendah daripada mesin 9-bar saat ini. Ini mengekstrak bidikan dalam 45 detik, menciptakan minuman yang menyerupai kopi saring lebih dekat daripada espresso.

espresso, racikan kopi yang mendunia

espresso, racikan kopi yang mendunia

Photo :
  • U-Report