Menpora: Penonton Nekat Itu Ingin Bantu PSSI

VIVAnews - Laga pertandingan sepakbola antara Tim Nasional Indonesia melawan Oman, Rabu 6 Januari 2010, diwarnai aksi suporter nekat. Hendri Mulyadi (20) tiba-tiba menerobos lapangan dan mencoba membobol gawang Oman yang dijaga kiper, Ali Al Habsi.

Aksi Hendri langsung fenomenal. Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng mengatakan suporter Indonesia diharapkan bisa lebih tertib. Tak perlu meniru aksi Hendri.

"Tak perlu turun tangan sendiri karena itu jelas melanggar aturan," kata Andi di Istana Negara, Jakarta, Kamis 7 Januari 2010.

"Mungkin saking dia gregetan kali ya, ingin langsung. Kok tidak gol-gol,' tambah Andi.

Namun, aksi 'heroik' Hendri membantu Timnas Indonesia tak berhasil. Kiper Oman terlalu tangguh.

"Dia ingin  membantu sendiri supaya PSSI bisa menang bisa menang lewat tendangan kakinya sendiri. Tapi ternyata tendangan kakinya tidak gol," kata Andi.

Aksi Hendri, lanjut dia, harus dijadikan bahan evaluasi bagi PSSI.

Andi lalu mengajak semua pihak fokus untuk meningkatkan prestas. Kata Andi, saat ini adalah momentum kebangkitan prestasi olahraga nasional. Momentum itu, salah satunya perolehan Indonesia di Sea Games Laos.

Namun, di tengah kebangkitan itu, Andi mengaku sepak bola masih jauh dari harapan.

"Khusus untuk  sepak bola memang masih memprihatinkan. Karena  itu saya berharap ini bisa menjadi wake up bagi teman-teman  di PSSI untuk mulai  berpikir fokus pada peningkatan prestasi," tambah dia.



Aksi Hendri terjadi saat Timnas terjepit. Saat itu, Oman kembali memimpin 2-1 setelah Ismail Sulaiman berhasil mencetak gol pada menit ke-53. Gol kedua Oman membuat Bambang Pamungkas cs kelimpungan.

Hendri yang sebelumnya berada di tribun penonton lalu masuk ke tengah lapangan. Dia lalu jadi pemain ke-12 timnas dan mulai menggiring bola ke arah gawang Oman.

"Saya memang berniat untuk mencetak gol bagi timnas. Saya ingin membobol gawang Al Habsi," kata Hendri, Kamis 7 Januari 2010.

Namun aksinya digagalkan kiper Oman. Hendri lalu dibekuk polisi dan digiring menjauh dari lapangan hijau.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin
Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengusung Imam Budi Hartono sebagai Cawalkot Depok

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyetujui untuk merekomendasikan Imam Budi Hartono sebagai bakal calon Wali Kota Depok pada Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024