Pesan WhatsApp Neymar Diabaikan, Karier Philippe Coutinho Melempem

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho
Sumber :
  • fcbarcelona.com

VIVA – Karier Philippe Coutinho telah mengikuti jalur yang sangat berbeda dari perkiraan banyak orang sejak meninggalkan Liverpool pada tahun 2018. 

Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp

Dikutip dari Mirror UK, pada saat itu, stok pesepakbola Brasil ini mencapai puncaknya, diakui sebagai salah satu pemain impor terbaik Liga Premier di bawah asuhan Jurgen Klopp, dan menjadi pilar kunci bagi The Reds.

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho

Photo :
  • twitter.com/FCBarcelona
Kata Juergen Klopp, Liverpool Masih Punya Masalah yang Sama

Meskipun demikian, godaan dari Barcelona tidak bisa ditolak, dan klub Spanyol itu mengeluarkan sejumlah besar uang, mencapai 142 juta pound sterling, untuk merekrutnya dari Liverpool. 

Coutinho dengan jujur mengakui bahwa kepindahannya ke Nou Camp merupakan "mimpi" baginya. Namun, perlu dicatat bahwa Barcelona bukan satu-satunya klub yang mengincar Coutinho pada saat itu.

Liverpool Tertahan, Perburuan Gelar Sisakan Arsenal dan Man City?

Paris Saint-Germain juga termasuk di antara para pelamar. Hanya setahun setelah merekrut pemain-pemain seperti Neymar dan Kylian Mbappe, raksasa Prancis tersebut berusaha sekuat tenaga untuk membentuk tim super. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa mereka tertarik untuk menggandeng Coutinho ke dalam skuat mereka.

Laporan di Spanyol pada saat kepindahan Coutinho mengklaim bahwa Neymar bahkan turun tangan untuk mencoba dan meyakinkan rekan senegaranya untuk menolak Barcelona, mantan klubnya, dan malah bergabung dengannya di Paris. 

Playmaker Barcelona, Philippe Coutinho (kanan)

Photo :
  • Marca

Namun pesan WhatsApp Neymar gagal mencapai sasaran dan Coutinho menyelesaikan formalitas kepindahannya ke Nou Camp.

Sayangnya baginya, langkah tersebut tidak pernah berhasil. Dia membuat awal yang cukup menjanjikan setelah direkrut pada bursa transfer Januari, mencetak 10 gol dalam 22 pertandingan. 

Namun setelah hanya mencetak 11 gol dalam 54 pertandingan pada musim berikutnya, keadaan menjadi sulit untuk ditebak.

Sejak saat itu, Coutinho hanya mendapat sedikit peran di Nou Camp dan bahkan dipinjamkan ke Bayern Munich untuk musim 2019/20. Dia menikmati musim yang produktif namun tertinggal di titik awal ketika raksasa Jerman gagal mengambil opsi mereka untuk mengontraknya secara permanen.

Ironisnya, kembalinya ke Liga Premier lah yang menghidupkan kembali karier Coutinho. Reuni dengan legenda Anfield Steven Gerrard di Aston Villa menghasilkan masa pinjaman produktif selama enam bulan yang, pada gilirannya, berkembang menjadi kesepakatan permanen.

Namun tidak lama setelah keluar dari Camp Nou, Coutinho kembali tidak dikenal. Dia gagal meniru performa cemerlang yang dia tunjukkan saat dipinjamkan selama musim penuh pertamanya di Villa Park dan memasuki musim 2023/24 di luar rencana Unai Emery.

Dengan sedikit atau bahkan tidak ada minat terhadap jasanya, Coutinho akhirnya bergabung dengan eksodus bintang-bintang yang menuju ke Timur Tengah di akhir jendela transfer. Namun, alih-alih berakhir di Liga Pro Saudi, Coutinho malah menuju Liga Bintang Qatar bersama Al Duhail.

Saat ini, berusia 31 tahun dan berada di puncak kariernya, seharusnya bakat Coutinho mampu bersinar lebih gemilang. Namun, keputusan-keputusannya dalam beberapa tahun terakhir telah menghambat kemungkinan itu untuk terjadi dalam waktu dekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya