Panglima Dukung KSAD Jadi Calon Ketum PSSI

Jenderal George Toisutta
Sumber :
  • Antara/ Jessica Wuysang

VIVAnews - Pemilihan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan digelar dalam kongres di Bintan, 19 Maret 2011 mendatang. Sejumlah nama bermunculan termasuk nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal George Toisutta. Terhadap pencalonan ini, Panglima TNI siap mendukung Toisutta.

"Oh jelas (mendukung), kalau memang itu diminta," kata Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono sebelum rapat terbatas dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin 31 Januari 2011.

Kendati demikian, Agus Suhartono belum mendapat pemberitahuan resmi rencana pencalonan Toisutta sebagai calon Ketua Umum PSSI itu. Yang pasti, tidak ada larangan dari institusi TNI bagi anggotanya yang akan memimpin organisasi olahraga.

"Boleh, wong saya Ketua Umum Ski Air. Boleh, tidak masalah," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut ini.

Saat ini sejumlah nama calon pengganti Nurdin Halid mulai bermunculan. Mereka yang disebut-sebut masuk dalam bursa calon Ketua Umum PSSI antara lain, pendiri Liga Primer Indonesia (LPI), Arifin Panigoro dan mantan Menpora Adhayksa Dault.

Saat ini, PSSI sudah membentuk tim verifikasi calon ketua umum. Anggota tim verifikasi itu terdiri dari, M Zein, Hinca Panjaitan, Benhard Limbong, Gusti Randa, Trimedia Panjaitan, Syaifuddin Sudding, dan Arteria Dahlan.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Untuk maju sebagai calon ketua umum, harus memenuhi sejumlah persyaratan. Bila mengacu pasal 41 Ayat (3) statuta PSSI menyebutkan, pengajuan calon ketua PSSI paling lambat diserahkan kepada Sekretariat Jenderal PSSI, enam pekan sebelum tanggal kongres.

Bila dihitung menurut kalender maka batas waktu pengajuan calon adalah pada tanggal 5 Februari 2011. Namun, aturan ini masih dipertanyakan, mengingat beredar surat Sekjen PSSI nomor 94/AGB/14/I-2011 tanggal 17 Januari 2011, bahwa penyerahan formulir pencalonan beserta berkas kelengkapannya paling lambat 23 Februari 2011.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Persyaratan lain seperti diungkapkan Sekjen PSSI Nugraha Besoes,  bakal calon Ketum PSSI minimal sudah 5 tahun aktif dalam kepengurusan PSSI dan mendapat minimal 50 persen plus satu dukungan dari pemilik hak suara untuk dapat ditetapkan sebagai calon Ketum PSSI yang baru.

Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024