Sidang Perdana Gugat Nurdin Halid Digelar

Saleh Ismail Mukadar
Sumber :
  • VIVAnews/Tudji Martudji

VIVAnews - Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar sidang perdana gugatan terhadap Ketua Umum PSSI Nurdin Halid. Penggugat merasa dirugikan dengan status Nurdin yang pernah menjadi narapidana saat memimpin PSSI.

"Hari ini sidang pertamanya," kata kuasa hukum penggugat Harjon Sinaga dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Senin 21 Februari 2011.

Nurdin digugat secara perdata oleh kelompok yang  mengaku sebagai pecinta sepakbola. Mereka meminta Nurdin mundur dari jabatannya karena dianggap telah melanggar PP No 16 tahun 2007 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

"Di sana (PP) ditentukan apabila Ketua Umum organisasi telah menjalankan pidana penjara yang sudah berkekuatan hukum tetap, maka dia wajib diganti. Sebagaimana dia dinyatakan bersalah melakukan korupsi," kata Harjon.

Menurut Harjon, lima orang yang menjadi penggugat yaitu Saleh Iskandar Mukadar yang merupakan bos Persebaya, Tondo Widodo, Johanes Sugianto, Abubakar Assegaf, dan Sumaryoto. "Penggugat adalah para pecinta sepakbola yang merasa dirugikan dengan status Nurdin," jelasnya.

Sementara itu, saat dimintai konfirmasi, Sekjen PSSI Nugraha Besoes menilai bahwa dasar hukum PP no 16 tahun 2007 yang digunakan penggugat untuk memebrhentikan Nurdin tidak tepat.

"Coba dilihat peraturan di FIFA. Karena menurut kami ketentuannya harus bersumber dari aturan main yang ada di sepakbola, yang ada di FiFA, maupun di PSSI," kata Besoes saat dihubungi.

Dia menjelaskan, dalam peraturan itu dinyatakan bahwa bila seorang ketua sudah melakasanakan hukuman maksimum 4 tahun, setelah itu boleh menjabat sebagai Ketum PSSI lagi. "Tapi saya lupa UU-nya yang mana. Mereka yang mendapat hukuman di bawah lima tahun itu boleh, baca putusan MK," katanya lagi.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Nug ini, gugatan itu dilayangkan hanya berdasar keputus-asaan penggugatnya. "Menurut saya, Saleh Mukadar sudah putus asa. Saya melihat yang menuntut orangnya sama, dia -dia juga. Mau apa dia sudah diskors dari PSSI," jelas Besoes.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru
Syifa Hadju

Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Sejak kabar itu viral, banyak warganet yang memberi perhatian kepada Syifa Hadju. Mereka ramai-ramai memenuhi kolom komentar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024