Ungguli Villa 2000, PSS Juara Liga Sepakbola U-16

Pemain Indonesia sedang mengikuti seleksi Pertamina Soccer Star
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Rosa Pangabean

VIVA.co.id - Usai melewati serangkaian pertandingan sejak September 2014, Pertamina Soccer School akhirnya dinobatkan sebagai juara Liga Pertamina U16. PSS tampil sebagai kampiun dengan koleksi 64 poin.

Ketum PSSI Jenguk Kurnia Sandy
PSS yang dipimpin oleh Kapten Ariansyah tersebut, mengantongi poin dari akumulasi kemenangan di 19 kali pertandingan, 8 kali seri dan 2 kali kalah. Sementara Sekolah Sepak Bola (SSB) Villa 2000 menduduki posisi kedua dengan poin 51 dan posisi ketiga SSB Bina Muda Sukatani dengan poin 50.

Timnas U-16 dan U-19 Resmi Dibubarkan

Liga Pertamina U16, berlangsung dari bulan September 2014 dan ditutup kemarin, 26 April 2015.  Acara penutupan dihadiri oleh Direktur Eksekutif Pertamina Foundation, Umar Fahmi, manajemen PT Pertamina (Persero), perwakilan dari Kementrian Pemuda dan Olah Raga, serta PSSI.

Menurut Umar Fahmi, Liga Pertamina U16 ini merupakan penyelenggaraan kedua, dimana untuk pertama kalinya digelar tahun 2013. Menurutnya lahirnya Liga Pertamina U16 dimaksudkan untuk melengkapi lembaga atau wadah pembinaan serta sarana evaluasi pesepakbola usia muda.

“Ini adalah bentuk nyata dukungan kami untuk memajukan sepak bola di Indonesia, karena kompetisi ini salah satu bentuk pembinaan sepak bola di usia muda, serta sebagai aplikasi bagi wasit-wasit muda. Kompetisi ini juga sekaligus sebagai sarana untuk menambah jam terbang pertandingan anak-anak didik kami di Pertamina Soccer School,”jelas Umar Fahmi.

Kemenangan Pertamina Soccer School (PSS) tahun ini menurut Umar menjadi jawaban atas kesungguhan para siswa meraih prestasi lebih baik, dimana pada Liga Pertamina U16 tahun 2013, PSS menduduki posisi kedua.

Liga Pertamina U16 sendiri diikuti peserta usia 16 tahun dan dilakukan dengan sistem kompetisi penuh. Sistem ini mengharuskan seluruh peserta melakukan pertandingan dengan peserta lainnya sebanyak dua kali, seperti layaknya pertandingan kandang dan tandang. Liga Pertamina U16 tahun 2014/2015 diikuti 16 Klub se-Jabodetabek, dengan jadwal laga setiap hari Minggu. Jumlah total laga yang dipertandingkan selama liga berlangsung sebanyak 240 pertandingan, dengan mengadopsi peraturan FIFA.

Ilustrasi sepakbola usia muda

IJSL Jadi Oase di Tengah Keringnya Pembinaan Usia Muda

Indonesia Junior Soccer League 2016 siap bergulir.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2016