Eks Asisten Rahmad Darmawan Jadi Pelatih Timnas Putri

Timnas Putri Indonesia
Sumber :
  • aseanfootball.org

VIVA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi menunjuk Satia Bagdja menjadi pelatih timnas putri Indonesia. Pria 57 tahun itu akan ditemani oleh Alex sebagai asisten pelatih dan Beny Van Breukelen yang ditunjuk sebagai pelatih kiper.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Tahun 2018, timnas wanita memiliki agenda cukup banyak, diawali dengan Piala AFF Wanita yang bergulir pada Juni-Juli, kemudian Asian Games pada Agustus. Dalam dua ajang tersebut Indonesia akan menjadi tuan rumah dan saat ini sepakbola wanita merupakan salah satu fokus pengembangan PSSI.

"Kami resmi memilih coach Satia Bagja untuk menangani timnas wanita pada 2018," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, dikutip dari situs resmi PSSI, Rabu, 14 Februari 2018.

Satoru Mochizuki Ungkap Kriteria untuk Pemain Timnas Indonesia Wanita U-17

"Kami ketahui beliau telah berpengalaman sebagai pelatih dan juga instruktur. Kami berharap tim sepakbola wanita bisa tampil kompetitif di ajang Piala AFF maupun Asian Games mendatang," tambah Tisha.

Sementara itu, Satia Bagdja mengakui sudah menerima surat keputusan terkait jabatan barunya sebagai pelatih timnas wanita. Berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, Bagdja akan bertugas dan siap dievaluasi seusai pelaksanaan Asian Games.

Piala AFF Ganti Nama, Catat Tanggalnya! Timnas Indonesia Pecah Telur Tahun Ini?

"Sebelumnya pada Januari lalu, saya bersama coach Rully Nere dan coach Jan Saragih dipanggil PSSI untuk memberikan presentasi terkait timnas wanita di tahun 2018. Saat ini saya masih menunggu panggilan lagi dari PSSI untuk memberikan program timnas wanita," kata Satia.

Setelah penunjukan Satia sebagai pelatih kepala, PSSI segera mengumumkan program pemusatan latihan (TC) timnas wanita. Sementara itu, untuk materi pemain yang akan dipanggil adalah nama-nama hasil dari turnamen Women's Football Road to Asian Games Piala Pertiwi yang dilaksanakan di Palembang Desember 2017.  

Satia merupakan salah satu dosen di Universitas Indonesia, karier kepelatihannya lebih sering menjadi pelatih fisik atau asisten pelatih. Mantan asisten Rahmad Darmawan ini juga sering bertugas sebagai instruktur sertifikasi pelatih karena ia memiliki lisensi A AFC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya