Ini Daftar Kerusakan dan Total Biaya Perbaikan SUGBK

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljon tinjau SUGBK
Sumber :
  • VIVA / Ridho Permana

VIVA – Menteri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono miris melihat aksi Jakmania yang melakukan pengerusakan terhadap Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada laga Final Piala Presiden 2018. Basuki menjelaskan, ketika kejadian tengah berada di Yogyakarta.

Lebih dari 2 Ribu Aparat Gabungan Kawal Laga Timnas Indonesia Vs Vietnam di GBK

Setelah melakukan pengecekan di sekitar area SUGBK hari ini, Basuki menegaskan bahwa apa yang beredar di media sosial tak separah apa yang ada di lokasi. Memang ada kerusakan, namun itu tak terlalu besar.

"Pas kejadian, saya di Jogja. Saya menangis betul lihat di Medsos. Tapi melihat kerusakan di sini, tidak terlalu besar," ujar Basuki kepada wartawan, Senin 19 Februari 2018.

Cari Atlet Berbakat, Triathlon Buddies 2024 Bakal Diikuti 250 Peserta

Basuki menambahkan, setelah berkoordinasi dengan pihak SUGBK, beberapa elemen yang rusak bisa diperbaiki dalam kurang waktu seminggu. Untuk biaya pun tak lebih dari Rp150 juta.

"Ini kira-kira selesai seminggu. Biayanya tak lebih dari Rp150 juta. Tapi yang kita bahas bukan itu, aksi yang seperti itu sangat tidak patut. Kami mengimbau setelah ini jangan ada lagi," ungkapnya.

Half Marathon Digelar dari Monas ke GBK, Heru Budi: Bagian HUT DKI Jakarta ke-497

Basuki pun menyoroti taman yang rusak. Menurut dia, ada sekitar 80 persen kerusakan. Akan diperbaiki untuk penanaman kembali dan memakan waktu sampai Juni 2018.

"Kalau pintu yang rusak bisa diganti cepat. Ini taman kan ditanam dulu, jadi kira-kira sampai Juni," kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK), Winarto menjelaskan rincian kerusakan SUGBK. Sedikitnya terdapat beberapa elemen yang rusak. Di antaranya, taman pintu masuk 7-9, pembatas penonton dan arena sebanyak tujuh segmen dan ada satu kursi kendor tempat duduknya.

"Ya secara keseluruhan yang rusak itu taman, pintu masuk 7-9. Lalu ada pembatas penonton dan arena terdiri dari bahan akrilik ada framenya sebanyak tujuh segmen. Satu kursi kendor tempat duduknya," kata Winarto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya