AFC Pantau Venue Sepakbola untuk Asian Games 2018

Stadion Pakansari Bogor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Asian Games 2018 tinggal beberapa bulan lagi. Renovasi sarana dan prasarana stadion untuk menggelar pertandingan sepakbola terus dikerjakan dan dipantau langsung technical delegate (TD) dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sepanjang pekan ini, AFC menugaskan empat orang TD untuk melakukan peninjauan stadion. Mereka melihat langsung kesiapan sarana utama seperti ruang ganti pemain dan rumput lapangan. 

Selain itu, mereka juga mengecek sarana pendukung lainnya. Antara lain, ruang medis, ruang tes doping, media center dan ruang konferensi pers. Tak hanya itu, ruang VIP/VVIP, tribun media serta akses keluar masuk stadion juga dipantau.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Cabang olahraga sepakbola putra rencananya bakal digelar di Stadion Pakansari (Cibinong), Patriot Chandrabhaga (Bekasi), Wibawa Mukti (Cikarang) dan Si Jalak Harupat (Bandung). Serta Gelora Bandung Lautan Api yang dipersiapkan sebagai alternatif. 

Sedangkan, untuk sepakbola putri, seluruh pertandingan akan bergulir di dua stadion yang berada di Palembang. Yakni, stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan stadion Gelora Bumi Sriwijaya.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang

TD dari AFC juga melakukan inspeksi terhadap beberapa lapangan yang akan dijadikan sebagai tempat latihan. Banyak catatan yang disampaikan TD AFC terkait pembenahan. Dan mereka berharap renovasi bisa rampung tepat waktu dengan spesifikasi yang sesuai dengan standar AFC.

Sementara untuk hotel, TD AFC mengaku cukup puas dengan kondisinya. Bahkan, mereka kaget karena fasilitas-fasilitas di hotel tersebut melebihi dari eksepetasi dari para anggota TD.

"Kami ingin mendapatkan laporan progres pembenahan dari setiap stadion," kata salah satu anggota TD AFC, Lin Xio Hua, yang meninjau Stadion Pakansari, Patriot, Wibawa Mukti, dan Si Jalak Harupat.

"Kami sudah memberikan masukan dan catatan, sehingga nantinya bisa sesuai dengan spesifikasi yang kami inginkan," lanjutnya. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya