Piala Dunia Menjadi Berkah Bagi Industri Kreatif

Pegawai mengemas t-shir pesanan ke luar kota.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya (Malang)

VIVA – Momen Piala Dunia 2018 di Rusia membawah berkah bagi para pengerajin t-shirt atau industri kreatif di Kota Malang. Pelaku usaha t-shirt tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan momen piala dunia yang sedang ramai digandrungi pecinta bola.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Mohammad Faisal, marketing produsen t-shirt, mengatakan di momen piala dunia kali ini pihaknya memproduksi khusus t-shirt bertema negara-negara peserta Piala Dunia. Rata-rata yang diproduksi adalah tim-tim unggulan seperti, England, Brasil, Argentina, hingga Spanyol.

"Ini memanfaatkan momen piala dunia. Kebetulan juga sedang ramai piala dunia kan. Awalnya tidak kepikiran, tetapi karena banyak peminat baik dari pembeli online maupun datang langsung ke store akhirnya kita produksi," kata Faisal.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Faisal menyebut, para pelanggan banyak yang mencari t-shirt edisi piala dunia sejak awal gelaran turnamen sepak bola sejagat itu. Pihaknya pun memilih memproduksi, setelah itu minat masyarakat membeli t-shirt piala dunia ternyata begitu pesat.

"Ya awalnya berangkat dari permintaan itu kita akhirnya produksi. Ternyata juga cukup membantu penjualan di store, meski masih lebih banyak produk lain yang terjual tapi kaos piala dunia ini bisa laku sampai 10 t-shirt per harinya," ujar Faisal.

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Faisal mengatakan, penjualan terbanyak justru melalui online. Para pelanggan berasal dari beberapa daerah di Indonesia, selain di wilayah Jawa Timur t-shirt bertema piala dunia juga diminati pelanggan dari Padang Sumatera, hingga Banjarmasin Kalimantan. Harga per t-shirt dibanderol Rp130 ribu.

"Penjualan yang banyak itu lewat online perbandingannya sekitar 60-40 persen dibandingkan dengan yang di store. Memang tidak banyak hanya sekitar 300 lebih t-shirt tapi penjualanya membantu secara umum. Jadi cukup mendongkrak," tutur Faishol.

Fisca Kusumabrata, salah satu pembeli t-shirt, mengaku sengaja datang ke store setelah mengetahui jika Realzim87 menjual kaos bertema piala dunia. Wanita pengidola penyerang Timnas England ini memilih membeli t-shirt The Three Lion dan mendoakan Harry Kane Cs juara Piala Dunia.

"Kebetulan saya kan fans England juga ada t-shirt England jadi saya beli. Bahannya juga bagus kan, ya mudah-mudahan England juara Piala Dunia," kata Fisca. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya