Depak Malaysia, Agresivitas Indonesia Diadang Benteng Kukuh Thailand

Para pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2018
Sumber :
  • VIVA / Rahmad Noto

VIVA – Timnas Indonesia harus melalui perjuangan berat demi meraih tiket ke final Piala AFF U-16. Indonesia hanya menang tipis 1-0 atas Malaysia di semifinal yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis, 9 Agustus 2018.

Nova Arianto Terapkan Gaya Permainan Shin Tae-yong di Indonesia U-16

Meski tampil dominan, Indonesia sempat disulitkan perlawanan sengit Malaysia di babak pertama. Beberapa peluang emas Indonesia di babak pertama masih gagal dikonversi menjadi gol.

Salah satu peluang emas Indonesia di babak pertama terjadi di menit 30. Lewat tendangan kaki kanan Supriadi yang hanya membentur tiang kanan gawang Malaysia. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Nova Arianto Pimpin Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF, Panggil 32 Pemain untuk TC

Babak kedua, Indonesia terus mengontrol jalannya pertandingan. Laga tetap berjalan cepat dan Indonesia terus menekan pertahanan rapat Malaysia. Sayang serangan dari sayap Indonesia masih bisa dipatahkan barisan pertahanan Malaysia.

Keberuntungan menghampiri Indonesia di menit 69. Indonesia mendapat hadiah penalti dari wasit, menyusul pelanggaran kiper Malaysia, Abdul Alim yang berusaha menghentikan Supriadi saat menggiring bola.

PSIS Semarang Dipastikan Terusir dari Kandang Hingga Liga 1 2023/2024 Berakhir, Ini Penyebabnya

Pesepak bola Indonesia U-16 Amirudin Bagus Kahfi (kedua kiri) melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Timor Leste U-16

Bagus Kahfi yang ditunjuk sebagai eksekutor, sukses menunaikan tugasnya. Bola sepakan mendatarnya ke sisi kiri gawang gagal dihalau Abdul Alim yang sebenarnya sudah membaca arah bola.

Dalam situasi tertinggal, membuat Malaysia tersengat. Mereka mulai berani keluar dan coba mengejar ketertinggalan. Kondisi ini dimanfaatkan Indonesia melalui serangan cepat.

Indonesia kembali mendapat peluang emas di menit 73. Bagus Kahfi berhasil menusuk jantung pertahanan Malaysia. Sayang, pergerakannya masih bisa dihentikan kiper Abdul Alim.

Tidak ada gol tambahan tercipta di sisa laga, Indonesia pun menutup laga dengan kemenangan tipis 1-0. Dengan kemenangan ini, Indonesia berhak melaju ke final menantang Thailand.

Thailand memastikan satu tiket ke final Piala AFF U-16 usai menang tipis atas Myanmar 1-0 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis sore 9 Agustus 2018. Gol tunggal kemenangan Thailand dicetak Thanrim Tumsen di menit 66.

Agresivitas Indonesia Diadang Benteng Kukuh Thailand

Selebrasi gol para pemain Timnas Indonesia U-16

Kemenangan di semifinal ini melanjutkan tren positif Indonesia di sepanjang perhelatan Piala AFF U-16 2018. Dengan kemenangan ini, Indonesia selalu menang di enam pertandingan beruntun Piala AFF U-16 2018.

Indonesia memulai Piala AFF U-16 dengan meyakinkan usai menghancurkan Filipina dengan skor delapan gol tanpa balas di pertandingan pertama yang digelar pada 29 Juli 2018.

Dua hari berselang, skuat besutan Fakhri Husaini mendapat perlawanan sengit dari Myanmar. Mereka hanya mampu menang tipis 2-1 dalam laga yang digelar pada 31 Juli 2018.

Duel sengit juga kembali dilakoni Indonesia kala menghadapi Vietnam di laga ketiga, 2 Agustus 2018. Kedua tim berbalas gol, namun Indonesia akhirnya sukses menang 4-2. Padahal Indonesia sempat tertinggal cepat di laga ini.

Indonesia selanjutnya meraih kemenangan telak di dua laga terakhir fase grup. Yaitu dengan melumat Timor Leste 3-0 (4 Agustus 2018) dan menang 4-0 atas Kamboja (6 Agustus 2018). 

Menyapu bersih lima pertandingan fase grup dengan kemenangan, Indonesia pun lolos ke semifinal dengan status juara grup. Indonesia meraih poin sempurna, 15 poin dari lima pertandingan.

Dan tambahan satu gol ke gawang Malaysia di babak semifinal kian mengokohkan Indonesia sebagai tim tersubur Piala AFF U-16 dengan torehan 22 gol dari enam laga. Indonesia pun baru kebobolan tiga gol.

Pertandingan Thailand U-16 saat melawan Malaysia.

Namun, Thailand akan menjadi lawan yang tidak mudah dihadapi Indonesia di final. Sebab Thailand berstatus sebagai tim dengan pertahanan terkokoh di Piala AFF U-16 2018. Thailand baru kebobolan dua gol dari lima pertandingan.

Dua gol yang menjebol gawang Thailand terjadi kala mereka menaklukkan Malaysia 2-1 (30 Juli 2018) dan saat menang 3-1 atas Singapura (3 Agustus 2018).

Tak pelak, status Indonesia sebagai tim tersubur yang akan menghadapi Thailand dengan reputasi pertahanan terkokoh akan menjadi final yang akan diprediksi berjalan sengit dan seru.

Final sendiri akan berlangsung pada akhir pekan ini, Sabtu malam (19.00 WIB) 11 Agustus 2018. Gelora Delta Sidoarjo akan menjadi saksi mata siapa yang akan menjadi kampiun. Indonesia, atau Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya