Kalah Penalti, Thailand Terkesima Suporter Indonesia

Suporter Timnas U-16
Sumber :
  • Rahmad Noto

VIVA – Antusiasme suporter Indonesia dalam babak final Piala AFF-U16 membuat Timnas Thailand terkesima. Bahkan, Tim Gajah Putih itu tak segan melontarkan pujian meskin kalah adu penalti 3-4 (1-1) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu 11 Agustus 2018. 

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Pelatih Thailand U-16, Thongchai Rungreangleas mengatakan suporter Indonesia sangat luar biasa dalam memberikan dukungan. Namun, Thailand juga merasa nyaman meski dalam kepungan suara bising 25 ribu penonton yang mamadari stadion. 

"Suporter sangat bagus, sangat bersahabat. Tidak ada hal-hal yang menganggu di lapangan meski pertandingan berjalan ketat. Pertandingan final ini juga memberikan pelajaran buat pemain muda mengatasi tekanan suporter begitu banyak, " ujar Thongchai usai pertandingan.   

Terpopuler: Timnas Indonesia Diadang Thailand-Vietnam, Eks Bintang Inter Milan Tersandung Narkoba

Diakui Thongchai, pada babak pertama  para pemain sempat tertekan. Tidak hanya Indonesia tampil agresif, tapi juga karena tekanan penonton. Namun di babak kedua, Thailand mulai berkembang dan menikmati suasana pertandingan.  

"Indonesia bermain cukup bagus di pertandingan ini. Kami akui pemain sempat tertekan dengan atmosfer pertandingan. Babak pertama kami kurang efektif. Di babak kedua,  kami tampil lebih efektif setelah melakukan pergantian pemain dan taktik, " ujarnya. 

Nova Arianto Terapkan Gaya Permainan Shin Tae-yong di Indonesia U-16

Dalam laga ini, Indonesia sempat unggul lebih dulu tendangan  Fajar Faturrahman pada babak pertama. Namun di babak kedua, Thailand sempat menyamakan kedudukan dan memaksa laga ditentukan lewat adu penalti.

Usai kalah dalam adu penalti, pemain Thailand meski bersedih namun ikut larut dalam suasana juara tuan rumah. Mereka juga berkeliling mengitari stadion menyapa para suporter Indonesia. Sebaliknya, pendukung Merah Putih membalasnya dengan tepukan meriah. 

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke Gawang Vietnam

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Ranking FIFA telah dirilis pada 4 April 2024. Timnas Indonesia jadi yang paling meroket pada periode ini. Skuad Garuda mengalami peningkatan delapan peringkat.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024