Asian Games 2018, Hitung-hitungan Menguntungkan Timnas Indonesia U-23

Indonesia vs Laos 3-0
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Timnas Indonesia U-23 bermain di Grup A Asian Games 2018 Jakarta-Palembang 2018. Sejauh ini, Hansamu Yama Pranata telah mengumpulkan enam poin hasil dari tiga pertandingan yang telah dilalui.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Raihan tersebut menempatkan Timnas U-23 di tempat ketiga klasemen sementara. Namun, semuanya bisa menjadi menguntungkan bagi skuat asuhan Luis Milla Aspas.

Dengan total lima tim dalam Grup A, Sekretaris Jenderal Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha Destria mengatakan hasil melawan tim penghuni dasar klasemen dihapus. Sebab, di grup lain (B sampai F) pesertanya cuma ada empat.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Hasil pertandingan dengan tim terbawah

dihapus," kata Tisha melalui pesan singkat kepada VIVA, Minggu 19 Agustus 2018.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Alhasil, Timnas U-23 masih berpeluang lolos bahkan sampai menjadi juara grup andai skenarionya seperti ini. Pada pertandingan terakhir melawan Hong Kong, Garuda Muda memetik kemenangan.

Lalu pada pertandingan lain, Laos yang belum mengoleksi satu poin pun akan menghadapi Taiwan. Jika skuat asuhan Mike Wong tersebut bisa menang, Timnas U-23 akan memimpin klasemen.

Memang tiga poin kemenangan Indonesia atas Taiwan akan dihapus. Namun, kemenangan atas Hong Kong membuat Garuda Muda mengumpulkan enam poin.

Sedangkan Palestina akan dikurangi tiga poin, sehingga raihan mereka menjadi lima angka. Sedangkan Hong Kong perolehan poinnya akan menjadi empat.

Jika skenario tersebut benar-benar terjadi, Timnas U-23 akan menghadapi Uni Emirat Arab pada babak 16 besar. Sebab, mereka adalah peringkat terbaik dari Grup C.

Peringkat Tiga Terbaik Terbuka tapi Mesti Waspada

Posisi Timnas U-23 saat ini sebenarnya sudah aman. Mereka berpeluang besar untuk lolos ke 16 besar Asian Games 2018 dengan status peringkat ketiga terbaik.

Seperti diketahui, untuk lolos ke babak 16 besar, pada Asian Games 2018 ini bisa didapatkan oleh empat tim dari enam grup yang ada. Mereka akan bersaing berdasar perolehan poin terbanyak.

Dua pesaing Timnas U-23, yakni Thailand dan Pakistan sedang dalam posisi sulit. Skuat Gajah Perang yang menempati peringkat ketiga Grup B cuma mengoleksi dua poin.

Sedangkan Pakistan dari Grup D punya tiga poin tapi defisit enam gol. Timnas U-23 tidak bisa bersantai, jika mereka kalah dengan selisih sembilan gol dari Hong Kong, tiket ke 16 besar akan jadi milik Pakistan.

Di tempat terpisah, masih ada empat tim dari dua grup yang bersaing memperebutkan peringkat ketiga terbaik. Dari Grup E ada Kirgyzstan dan Bahrain. Keduanya saat ini sama-sama memiliki satu poin.

Pada pertandingan terakhir, Kirgyzstan akan menghadapi Korea Selatan. Sedangkan Qatar menantang pemuncak klasemen Grup E, Malaysia.

Kondisi yang sama juga terjadi di Grup F. Iran, Arab Saudi, Myanmar, dan Korea Utara masih berpeluang besar untuk mendapatkan tiket ke babak 16 besar.

Komposisi sementara, Iran memimpin klasemen diikuti Arab Saudi dengan sama-sama mengoleksi empat poin. Sedangkan Myanmar dan Korea Utara memiliki satu poin.

Pada pertandingan pamungkas Grup F, Iran menghadapi Myanmar. Sedangkan Korea Utara menantang Arab Saudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya