Cara Pelatih Timnas Wanita Indonesia Cegah Pemainnya Baper

Pelatih Timnas wanita Indonesia, Satia Bagdja
Sumber :
  • VIVA.co.id/Indra Nugraha

VIVA – Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Satia Bagdja memiliki cara sendiri dalam menangani pemainnya. Dia menyadari, melatih para pemain wanita harus memiliki trik sendiri, terlebih menjaga perasaannya agar tak mengganggu performa.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sebelum menangani pasukan Garuda Pertiwi, Satia bisa menangani pemain pria. Pelatih berusia 57 tahun itu sempat menjadi asisten Rahmad Darmawan ketika menangani Arema, Persebaya Surabaya, dan Persija Jakarta. 

Satia biasa bertugas untuk menjaga fisik pemain. Kini, dia bertugas meracik Timnas Wanita yang dihuni oleh pemain-pemain yang masih berumur belasan, yang menurutnya kerap "baper" atau terbawa perasaan.

Satoru Mochizuki Ungkap Kriteria untuk Pemain Timnas Indonesia Wanita U-17

Namun, Satia memaklumi hal tersebut dan memiliki taktik sendiri untuk mengatasinya. Salah satunya tidak mengistimewakan satu pemain saja, apabila adalah kesalahan pun akan ditegur secara langsung.

"Para pemain sering 'baper'. Misalnya saya hanya mengajak satu pemain berbicara, nanti pemain lain ada yang merasa tidak diperhatikan. Jadi saya harus memberi porsi perhatian yang sama untuk mereka," kata Satia , saat ditemui khusus usai melatih di Jakabaring Soort City.

Erick Thohir: Jangan Terjebak Dikotomi Pemain Naturalisasi dan Lokal

"Atau ketika saya memberi instruksi tegas, semua pemain pun harus mendapat instruksi yang sama, tidak karena mentang-mentang ada pemain yang cantik, terus saya tidak marahi. Satu kena marah, semua juga kena," sambungnya.

Timnas sepakbola wanita Indonesia menjalani latihan

Lebih lanjut, walaupun sang pemain adalah sosok penting dalam tim, tetap akan mendapat teguran. Dia tak mau pemainnya melakukan kesalahan yang sudah pernah dilakukan oleh rekannya sendiri.

"Bahkan pemain yang hebat sekali pun seperti Mayang, dia pemain bagus dengan kecepatan tinggi. Saat dia berbuat kesalahan, tetap saya tegur di depan pemain lain, saya tidak mau berbicara di belakang, supaya pemain lain tidak melakukan kesalahan yang sama," papar Satia.

Sementara itu, Timnas Wanita di Asian Games 2018 saat ini tengah berjuang keras guna menembus babak 8 besar. Indonesia ada di posisi tiga klasemen Grup A, dan memiliki tiga poin. Sama seperti Taiwan tapi kalah dalam selisih gol. 

Selanjutnya Zahra Muzdalifah cs akan menghadapi Korea Selatan, hari ini, Selasa 21 Agustus 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya