Tak Ingin Cuma Komentar, Eks Kapten Timnas Bikin Turnamen Usia Muda

Firman Utina saat masih bermain untuk Timnas Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Mantan kapten Timnas Indonesia, Firman Utina, tak ingin sekadar menjadi komentator mengenai pengembangan sepakbola Indonesia. Tak main-main, dia membuat sendiri turnamen antarsekolah sepakbola (SSB) dengan total peserta 121 tim.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Dari kesemuanya itu, ada lima kategori usia yang dipertandingkan dalam Firman Utina Soccer Tournament. Mulai dari U-9, U-10, U-11, U-12, dan U-13. Ajang tersebut akan berlangsung dari 9 hingga 23 September 2018 di Stadion Benteng, Tangerang.

Meski digelar di Tangerang, namun peserta yang turut serta datang dari berbagai daerah di luar Pulau Jawa. Salah satunya adalah Maesa, PSSI Asosiasi Kota Manado, dan perwakilan dari Ternate.

Kapten Timnas Indonesia U-23 Sambut Baik Kembalinya Nathan Tjoe-A-On

"Tim dari Ternate juga ada yang ikut. Mereka melakukan seleksi di daerah masing-masing, pemenangnya baru dikirim ke sini. Kami sengaja melakukan ini. Selain waktu yang terbatas, kami juga ingin memberikan kesempatan kepada tim yang belum pernah ikut turnamen kami," ujar Firman.

Peserta Firman Utina Soccer Tournament

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Bagi Firman, dengan diadakannya turnamen ini sebagai bentuk kepeduliannya terhadap perkembangan sepakbola Tanah Air. Dia berharap, para pemain muda ini bisa leluasa bermain tanpa adanya tekanan dari pelatih maupun orangtua.

"Ini juga menyangkut edukasi yang baik terhadap pemain dan pelatih. Identik sepakbola usia dini, terlalu banyak orangtua ikut campur di dalam urusan strategi dan lain-lain. Padahal, di usia ini, belum ada strategi khusus yang diberikan," imbuhnya.

Menurut dia, para pesepakbola cilik harus dibiarkan bermain hingga menemukan kesukaan tersendiri. Sehingga mereka bisa mengeluarkan kemampuan yang dimiliki secara maksimal. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya