Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam: Kembali Amankan Poin Sempurna

Striker Timnas Indonesia U-18, Amiruddin Bagus Kahfi
Sumber :
  • the-AFC.com

VIVA - Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam pada laga kedua Grup C Piala Asia U-16, Senin 24 September 2018. Laga ini menjadi momentum pasukan Garuda Asia guna meraih poin sempurna kembali.

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

Indonesia sudah memulai start dengan cukup baik pada ajang ini dengan mengalahkan Iran lewat skor 2-0. Namun, pelatih Fakhri Husaini tak mau jemawa dan menilai perjuangan anak asuhnya masih cukup jauh.

"Kemenangan ini memang sangat berarti bagi kami. Hanya saja, kami harus fokus untuk laga selanjutnya," kata Fakhri.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Berbekal evaluasi melawan Iran, Fakhri kini makin mengasah ketajaman lini depan Indonesia. Begitu juga dengan tembok pertahanan yang kerap kecolongan oleh lawan.

Menurut Fakhri para pemain Vietnam memiliki kualitas cukup baik. Hal itulah yang membuatnya tak memandang remeh Vietnam, meskipun dari tiga laga sebelum Piala Asia, Indonesia U-16 tak pernah kalah dari Vietnam.

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Sementara itu, kubu Vietnam pun mengakui bila Timnas Indonesia U-16 adalah lawan yang menyulitkan. Pelatih Vietnam, Vu Hong Viet, menilai permainan Indonesia cukup teroganisir.

"Timnas Indonesia U-16 merupakan lawan yang sulit. Mereka bermain snagat baik dalam pertandingan (melawan Iran)," kata Vu Hong, dikutip dari Bongda23h.vn.

"Mereka (Timnas Indonesia U-16) sangat kuat, permainannya sangat terorganisir. Kami harus bekerja keras melawan mereka," ujarnya menegaskan.

Untuk timnya sendiri, Vu Hong mengakui memiliki kelemahan di lini tengah. Ini berdasarkan evaluasi saat Vietnam kalah 0-1 dari India pada laga pertama di Grup C.

"Kami tidak bisa mengendalikan permainan di lini tengah. Kami kalah pada menit akhir dan sedikit punya waktu untuk bangkit," ucapnya.

Rekor Pertemuan

Bicara rekor pertemuan, timnas Indonesi U-16 memang memiliki catatan baik melawan Vietnam. Sejak tahun 2017, timnas U-16 Indonesia sudah tiga kali berhadapan dengan Vietnam.

Pertama, Indonesia dan Vietnam bermain imbang 1-1 kala bersua di Piala U-16 Tien Phong Plastic 2017 yang digelar di Vietnam, 14-18 Juni 2017. Kemudian, kedua tim berjumpa kembali di final turnamen sepak bola remaja Jenesys di Jepang pada Maret 2018

Saat itu Indonesia menang tipis atas Vietnam dengan skor 1-0. Pertemuan ketiga pada Juli 2018, Indonesia kembali mengunci kemenanan dengan skor 4-2 di babak grup Piala U-16 AFF 2018.

Perihal pertemuan keempat nanti, Fakhri menilai Vietnam hanya ada beberapa perubahan saja. Dia pun mengklaim sudah mengantongi kekuatan dari Vietnam, dan menilai laga nanti bak latihan saja.

"Vietnam yang saat ini, hanya beberapa pemain saja ada beberapa perubahan. Tapi gaya main dan formasinya sama dengan Vietnam yang kami hadapi di Tien Phong, Jenesys, dan AFF," kata Fakhri, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Kami sudah tahu sama tahu, jadi anggap seperti latihan bersama saja. Tapi tetap para pemain Timnas Indonesia U-16 tidak ingin meremehkan lawan. Kami akan tetap berjuang dan berharap dukungan kembali dari para masyarakat Indonesia," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya