Hong Kong, Ujian Terakhir Timnas Indonesia Menuju Piala AFF

Skuat Timnas Indonesia dalam laga uji coba kontra Mauritius
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA – Timnas Indonesia akan menjamu Timnas Hong Kong di pertandingan ujicoba yang akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa sore 16 Oktober 2018 (18.30 WIB).

Blak-blakan, Maarten Paes Ungkap Ikatannya dengan Indonesia

Ini akan menjadi laga ujicoba terakhir Timnas Indonesia sebelum berlaga di Piala AFF 2018 yang akan berlangsung 8 November hingga 15 Desember 2018. 

Menghadapi Hong Kong, Indonesia dalam tren positif. Sebelumnya, Indonesia meraih kemenangan beruntun di dua pertandingan ujicoba terakhir.

Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U-17 Wanita di Piala Asia

Usai menaklukkan Maurutius dengan skor tipis 1-0 (11 September 2018), Indonesia sukses melibas Myanmar tiga gol tanpa balas (10 Oktober 2018).

Di sisi lain, Hong Kong dalam situasi kurang baik. Mereka kalah beruntun di dua laga terakhir. Usai ditekuk Korea Utara 0-2, Hong Kong dibekuk Thailand 0-1.

Elkan Baggott Gabung Timnas Indonesia U-23 untuk Lawan Guinea

Sementara itu, dari data yang dilansir Soccerway, Indonesia baru sekali melawan Hong Kong. Terjadi pada Juni 2007. Saat itu Indonesia sukses menekuk Hong Kong 1-0.

Menyerang dan Menang

Pelatih interim Timnas Indonesia, Bima Sakti.

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti Tukiman menegaskan timnya akan tampil menyerang saat menghadapi Hong Kong. Meski di sesi latihan, timnya sempat melatih skema serangan balik.

"Kami tak mau main bertahan. Tadi (latihan Timnas di Cikarang, Senin 15 Oktober 2018) kami hanya mau mengulas skema dalam transisi menyerang ke bertahan, dan sebaliknya. Itu jadi andalan kami," terang Bima.

"Setiap latihan, kami selalu asah taktik itu agar anak-anak bisa otomatis menerapkannya," lanjut Bima Sakti.

Bima mengaku sudah memantau permainan Hong Kong. Dia berharap anak-anak asuhnya bisa mengatasi permainan fisik para pemain Hong Kong.

"Kita juga melihat Hong Kong memiliki pemain-pemain dengan postur tinggi. Kami tadi berlatih bagaimana transisi pemain bertahan ke menyerang atau sebaliknya." 

"Kami mengandalkan kecepatan anak-anak untuk membongkar pertahanan Hongkong karena ini salah satu andalan Timnas Indonesia," lanjut Bima Sakti.

Bima Sakti pun menegaskan, kemenangan melawan Hongkong akan menjadi modal bagus bagi skuat Garuda jelang mengikuti Piala AFF 2018 mendatang.

"Melawan Hongkong kami berharap kembali meraih kemenangan. Apalagi mereka tim yang bagus dengan pelatih yang baru," tegas Bima Sakti. 

"Kami sudah melihat permainan mereka dan juga saat ajang Asian Games lalu kita sudah pernah bertemu," kata Bima Sakti menambahkan.

Suntikan 2 Darah Baru

Pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansah

Sementara itu, jelang laga, Tim pelatih Timnas Indonesia memanggil dua pemain baru untuk ikut dalam pemusatan latihan di masa uji coba internasional. 

Abduh Lestaluhu dan Andik Vermansah dipanggil pelatih interim Timnas, Bima Sakti Tukiman. Sebab, Esteban Vizcarra dan Rezaldi Hehanusa sudah dipulangkan.

Abduh Lestaluhu sudah ikut latihan lebih dulu, yakni pada Sabtu 13 Oktober 2018. Sedangkan Andik Vermansah baru latihan pada Senin pagi, 15 Oktober 2018.

"Kami panggil keduanya untuk menambah kekuatan di laga melawan Hong Kong," kata Bima dilansir situs resmi PSSI. 

"Semua tahu, Andik pemain bagus dan kami pantau terus. Kami mau melihatnya secara langsung pada latihan dan uji coba melawan Hong Kong," lanjutnya.

Namun, Bima Sakti tidak menjamin Andik akan bermain sejak menit awal. Bima ingin fokus untuk mematangkan skema dengan para pemain yang sudah lama bekerja dengannya.

"Dia baru bergabung hari ini, jadi kami akan pasang pemain yang sudah lama. Kemungkinan besar, Andik bisa bermain," jelas Bima Sakti. 

"Tapi, tergantung situasi di dalam pertandingan. Bukan hanya Andik. Tapi, semua pemain juga harus siap." lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya