Piala Asia U-19, Jembatan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia

Para pemain Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • Twitter/@PSSI

VIVA – Piala Asia U-19 akan segera dimulai. Timnas Indonesia U-19 akan tampil di depan publik sendiri dengan sejuta mimpi. Tak hanya sekedar tampil apik dan membuat bangga, armada Garuda Nusantara juga siap bertempur demi tiket ke Piala Dunia U-20 di Polandia.

Sehari Perkuat Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri Langsung Main Bersama Dewa United

Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah di ajang Piala Asia U-19. Tentu, jutaan pasang mata akan diarahkan pada penampilan Egy Maulana Vikri cs. Rasanya Timnas U-19 tak boleh tampil melempem. Sebab, masyarakat Indonesia akan melihat langsung militansi pasukan Indra Sjafri.

Tentunya, harapan bukan cuma menjadi yang terbaik di Asia. Tapi, andai mampu lolos ke babak semifinal saja, maka Timnas U-19 dipastikan bisa tampil di Piala Dunia U-20 Polandia, Mei 2019 nanti. Tentunya, hanya kerja keras yang bisa menjawab tantangan itu. Apalagi, musuh yang akan dihadapi bukan lawan sembarangan.

Usai 2 Kali Imbangi China, Indra Sjafri Ungkap Program Selanjutnya Timnas Indonesia U-20

Ya, Timnas U-19 tergabung di Grup A bersama Taiwan, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Jadi bisa dipastikan, jalan Timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20 akan menemui kerikil-kerikil tajam. Lantas, apa saja yang sudah dipersiapkan untuk berlaga di ajang ini?

Uji Coba Lawan Raksasa

Hasil Pertandingan Uji Coba Timnas Indonesia U-20 Vs China, Gol Indah di Menit Akhir

Pasca gagal berjaya di Piala AFF U-19 2018 yang digelar Juli lalu, Indra langsung menggenjot persiapan guna menghadapi Piala Asia U-19. Setelah melakoni pemusatan latihan di Yogyakarta, Timnas U-19 diuji dalam laga eksebisi melawan dua tim kuat.

Kedua lawan tersebut adalah China dan Thailand. PSSI selaku federasi tertinggi sepakbola Indonesia, memasukkan Indonesia ke dalam mini turnamen bertajuk PSSI Anniversary Tournament U-19 yang digelar mulai 21-25 September 2018.

Hasilnya memang tak terlalu memuaskan. Dalam laga perdana, Timnas U-19 kalah telak dari China 0-3 dalam laga yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Dua hari berselang, Timnas U-19 hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Thailand.

 Indonesia U19 Kalah 1-2 dari Arab Saudi U19

Setelah melakoni duel uji coba melawan dua tim kuat tadi, Timnas U-19 kembali melakoni laga uji coba dengan dua tim kuat Asia lainnya, Arab Saudi dan Yordania. Hasilnya, Timnas U-19 kembali kalah saat jumpa Arab Saudi 1-2. Akan tetapi, motivasi kembali terangkat saat dalam laga uji coba terakhir kontra Yordania menang 3-2.

Setelah melalui serangkaian laga uji coba dengan tim-tim kuat, Indra Sjafri diharap bisa memaksimalkan pasukannya di turnamen sebenarnya. Tak hanya itu, Timnas U-19 juga wajib mengambil dan mengaplikasikan pelajaran yang didapat dari empat laga uji coba tadi.

Lupakan Tragedi 2014

Jelang melakoni laga perdana di Piala Asia U-19, Indra sedikit berkaca pada Piala Asia U-19 2014. Ya, saat itu Indonesia datang ke ajang ini dengan status juara Piala AFF U-19 2013. 

Digadang bisa tampil beringas, Timnas U-19 yang saat itu dihuni nama-nama seperti Evan Dimas Darmono, Paulo Sitanggang, dan Ilham Udin Armayn, justru luluh lantak. 

Dari tiga laga fase grup, Timnas U-19 saat itu tak satupun mampu memetik kemenangan dan malahan menelan tiga kekalahan. Hasilnya, Timnas U-19 hanya menempati posisi juru kunci Grup B setelah dihajar Uzbekistan, Australia, dan Uni Emirat Arab.

Pesepak bola Timnas Indonesia U19 Indra Sjafri (kanan) memberi instruksi kepada pesepak bola Timnas Indonesia U19 Egy Maulana Vikri saat menghadapi Timnas Yordania U19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat

Hal ini yang tak mau lagi dirasakan Indra. Pelatih Timnas U-19 asal Sumatera Barat ini masih ingat saat euforia melanda timnya, sehingga tak mampu memaksimalkan persiapan menuju Piala Asia U-19 2014. Akan tetapi saat ini, pasukannya memiliki sedikit keunggulan dalam hal persiapan.

"Di 2014, ada euforia juara Piala AFF. Kami datang ke turnamen dengan kondisi itu. Itu membuat yang seharusnya dilakukan untuk persiapan Piala Asia tak terlaksana dengan baik," ujar Indra, Rabu 17 Oktober 2018.

"Dulu, kami berbasis pada pemusatan latihan jangka panjang. Kelebihan sekarang, pemain ikut kompetisi. Alasan kuat kami bisa berprestasi," katanya.

Soal target, mantan pelatih Bali United ini tetap akan mencoba mengantar tim asuhannya hingga menembus empat besar. Jika mampu, tiket Piala Dunia U-20 2019 Polandia akan ada di genggaman.

Adu Kreatif Legiun Lechia Gdansk dan Crystal Palace

Timnas U-19 akan melakoni laga perdana Grup A Piala Asia U-19 melawan Taiwan, Kamis 19 Oktober 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Meski lebih diunggulkan, Timnas U-19 tetap tak boleh lengah dan wajib memetik poin penuh di pertandingan ini.

Ada hal unik yang bisa disimak jelang duel Timnas U-19 kontra Taiwan. Ya, kedua tim sama-sama punya pemain andalan yang merumput di Liga Eropa. Di kubu Indonesia, ada nama Egy tentunya yang merupakan pemain klub Polandia, Lechia Gdansk. 

Pesepakbola Timnas Indonesia U19 Egy Maulana Vikri menggiring bola saat menghadapi Timnas Yordania U19 dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat

Sementara itu, ternyata Taiwan juga punya pemain yang merumput di Eropa. Ya, Taiwan memiliki pemain bernama William Rupert James Donkin, atau biasa disapa Will Donkin. Donkin merupakan pemain yang saat ini bermain bersama klub Premier League, Crystal Palace. Bukan cuma itu, bintang berusia 17 tahun ini juga merupakan jebolan akademi sepakbola Chelsea.

Uniknya lagi, Egy dan Donkin memiliki posisi yang sama, gelandang serang. Keduanya akan sama-sama menunjukkan kelihaiannya dalam laga nanti.

Gelandang serang Timnas Taiwan dan Crystal Palace, Will Donkin

Egy yang baru kembali ke Indonesia saat laga uji coba kontra Yordania pekan lalu, mengaku sangat fokus menghadapi Piala Asia U-19. Pemain asal Medan ini juga menegaskan tak peduli dengan anggapan publik. Sebab, ada saja pihak yang melontar kritik dan meremehkannya.

"Biar orang lain meragukan dan meremehkanmu. Asal jangan dirimu sendiri menganggap seperti itu. Next fokus AFC TEAM. Selalu support dan doakan kami INDONESIA," tulis Egy di akun Instagram pribadinya.

Apakah Timnas U-19 mampu memenangkan laga perdananya? Mampukan Garuda Nusantara membuat mimpi tampil di Piala Dunia menjadi kenyataan? Dukungan dan doa seluruh rakyat Indonesia tentunya diharapkan bisa menjadi kekuatan bagi Timnas U-19 melewati turnamen ini dengan maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya