PR Besar Timnas U-19: Gol

Pemain Timnas U-19, Egy Maulana Vikri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Performa Timnas Indonesia U-19 saat melawan Taiwan patut diacungi jempol. Mereka mampu tampil dominan saat jumpa Taiwan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis 18 Oktober 2018, hingga akhirnya mampu meraih kemenangan, 3-1.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Menang dengan skor meyakinkan, bukan berarti tak ada PR besar yang harus dikerjakan. Pelatih Indra Sjafri masih memiliki segudang pekerjaan untuk segera diselesaikan.

Salah satunya adalah penyelesaian akhir. Ini menjadi masalah klasik bagi Timnas U-19.

Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

Soal penguasaan bola, Timnas U-19 memang jago. Mereka memang memiliki kualitas kerja sama yang mumpuni.

Namun, sepakbola bukan bicara soal penguasaan bola. Melainkan, sepakbola bicara skor.

Timnas Indonesia U-19 Panggil 34 Pemain Jalani TC Persiapan AFF U-19, Berikut Daftar Lengkapnya!

Catatan statistik pertandingan menjadi poin penting yang harus diperhatikan Indra. Utamanya, adalah soal tembakan.

Situs resmi AFC mencatat, ada 29 tembakan yang dilepaskan oleh Garuda Nusantara. Namun, cuma 10 yang mengarah ke gawang. Dan, hanya ada tiga yang berujung gol.

Tujuh tembakan ke gawang lainnya berujung pada blok kiper. Akurasi tembakan pun jadi perhatian. AFC mencatat, akurasi tembakan skuat Timnas U-19 cuma berkisar di angka 34,5 persen.

"Saya akui, penyelesaian akhir memang harus diperbaiki. Mungkin, ada pemain yang egois ingin cetak gol, itu harus diperbaiki," ujar Indra usai laga.

Benar-benar harus diperbaiki. Sebab, lawan selanjutnya adalah Qatar. Pada dasarnya, Qatar punya masalah sama dengan Timnas U-19, penyelesaian akhir.

Tengok saja saat mereka melawan Uni Emirat Arab. Siapa yang dominan dalam pertandingan? Ya, Qatar. Tapi, siapa yang menang? Justru, UEA yang menang.

Catatan statistik menunjukkan, Qatar melepaskan 18 tembakan. Cuma ada empat mengarah ke gawang dan satu di antaranya berujung gol.

Situasi ini tentu harus dimaksimalkan Timnas U-19. Mereka harus bisa bermain secara oportunis dan tajam di depan jika ingin menang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya