Bima Sakti Jadi Pengganti Luis Milla Latih Timnas, Begini Alasan PSSI

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo.
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – PSSI akhirnya resmi menunjuk Bima Sakti Tukiman untuk menggantikan Luis Milla Aspas sebagai pelatih utama Timnas Indonesia. Dia akan menukangi Skuat Garuda pada Piala AFF 2018 mendatang.

Kata Jay Idzes Usai Gabung Timnas Indonesia, Ungkap Pemain Ini Paling Membantu

Penunjukan ini seperti yang sudah diprediksi sebelumnya. Apalagi mengingat drama Luis Milla yang tak kunjung kembali ke Tanah Air.

Hal itu juga diungkapkan oleh Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, ketika ditemui di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, sebelum laga Indonesia U-19 kontra Qatar U-19 dimulai. Menurutnya, Bima Sakti memang pilihan terbaik untuk menangani Evan Dimas Darmono cs.

Tragis, Pemain yang Sindir Indonesia Rasa Belanda Dicoret dari Timnas Vietnam

"Kalau saya bilang, yang lebih tahu banyak tentang cara bermain yang dikembangkan Luis Milla adalah Bima Sakti. Andaikan Bima pegang timnas, itu sudah paling tepat kalau Milla tak bisa meneruskan di Timnas," kata Danur kepada wartawan.

Menurut Danur, pria asal Balikpapan itu menjadi sosok yang paling mengenal para pemain. Bukan hanya di dalam, tapi juga di luar lapangan.

Ragnar Oratmangoen Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia

"Bima tahu cara bermain, tahu metodologi melatih, kenal para pemainnya. Jadi, sebenarnya dengan adanya Bima, nilai positifnya adalah di komunikasi," ujar Danur.

"Mudah-mudahan, dengan adanya Bima bisa menambah nilai positif cara bermain yang sejak dulu dipertahankan," jelasnya.

Selain itu, Bima juga sudah menunjukkan kapasitasnya dalam memimpin Skuat Garuda mengarungi tiga laga uji coba. Mereka meraih dua kemenangan saat jumpa Mauritius dan Myanmar. Lalu hasil imbang saat jumpa Hong Kong.

"Saya lihat di tiga pertandingan, Bima tak ada masalah. Bima sosok pekerja keras, disiplin, bisa bergaul dengan pemain," tambah Danur. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya