Putar Lagu Kebangsaan Korut saat Timnas Korsel Main, PSSI Minta Maaf

Skuat Timnas Korea Selatan U-19
Sumber :
  • the-afc.com

VIVA – Kontroversi kesalahan putar lagu kebangsaan saat Timnas Korea Selatan bermain melawan Jordania dalam lanjutan Grup C Piala Asia U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Senin 22 Oktober 2018 berlanjut. Media massa internasional turut menyoroti masalah ini.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Bukan tanpa alasan. Sebab, ketika Timnas Korsel main, justru lagu kebangsaan Korea Utara yang diputar. Panitia pelaksana dianggap lalai dalam menjalankan tugas.

"Selama gladiresik, lagu kebangsaan Korsel diputar. Tetapi, operator salah memilih lagu," ujar Head of Media Relation & Digital Promotion PSSI, Gatot Widakdo.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Diakui Gatot, PSSI sudah mengutarakan permintaan maaf kepada Federasi Sepakbola Korea (KFA). Langkah tegas yang diambil, operator yang melakukan kesalahan sudah diganti.

"Operator audio sudah kami ganti, dan kami meminta maaf kepada Korsel secara verbal maupun tertulis," imbuhnya.

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan

Gatot berharap, usai kejadian ini Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) juga turut mengambil pelajaran. Setidaknya ada utusan dari mereka yang bertugas untuk memonitor.

"Perwakilan dari AFC harusnya memonitor dan mendampingi di ruang kontrol," tutur Gatot.

Kejadian salah putar lagu kebangsaan ini menjadi yang pertama terjadi bagi Korsel. KFA pun bergerak cepat dengan melayangkan surat protes kepada AFC. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya