Timnas Indonesia Bisa ke Final Piala AFF, Inikah Syaratnya?

Sesi latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF
Sumber :

VIVA – Timnas Indonesia diprediksi bisa menembus final Piala AFF 2018. Meski tanpa didampingi pelatih Luis Milla Aspas, kualitas skuat yang dimiliki Timnas saat ini dirasa cukup untuk mencapai partai puncak.

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

Dari segi susunan pemain, hanya ada beberapa yang berstatus senior. Sisanya, sudah bersama sejak SEA Games 2017 hingga Asian Games 2018 lalu.

Jadi, ditinjau dari segi kekompakan, pastinya tak bermasalah. Ini modal internal yang dimiliki Timnas.

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Kemudian, kondisi yang dialami rival juga berpengaruh. Thailand yang menjadi favorit, tak membawa pemain-pemain terbaiknya.

Lewat kondisi tersebut, Timnas bisa saja menjungkalkan Gajah Putih, meski harus main di Rajamangala Stadium.

Terpopuler: Timnas Indonesia Bekuk Australia, Rangking FIFA di Atas 8 Negara Eropa

Sementara itu, Singapura sedang kehilangan rantai generasi. Pencapaian mereka di dua edisi terakhir Piala AFF juga tak maksimal.

Yang patut diwaspadai, justru Filipina. Kekuatan mereka sedang menanjak. The Azkals juga dibekali beberapa pemain Eropa. Neil Etheridge, meski tak main penuh, dipastikan akan berlaga saat jeda internasional.

"Insya Allah bisa mencapai final. Meski bakal berlangsung berat karena format baru. Banyaknya pemain muda di skuat tak masalah. Ini adalah kerangka tim warisan Luis Milla," terang mantan pemain Timnas era Primavera, Supriyono, Rabu 7 November 2018.

Menurut pria yang kini bertugas sebagai komentator tersebut, Timnas setidaknya bisa menembus semifinal. Untuk mencapai final, Timnas hanya harus memiliki satu hal.

"Tinggal faktor keberuntungan saja untuk final. Saya yakin setidaknya Indonesia bisa sampai empat besar, minimal," terang Supriyono. (one)

Lihat peta persaingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 pada JELANG LAGA di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya