Minim Bomber, Semua Pemain Timnas Indonesia Diharapkan Bisa Cetak Gol

Dua pemain Timnas Indonesia, Alberto 'Beto' Goncalves dan Stefano Lilipaly, di Asian Games 2018.
Sumber :
  • INASGOC/Ary Kristianto/sup

VIVA – Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura dalam laga perdana babak penyisihan grup Piala AFF 2018 pada Jumat, 9 November 2018 di National Stadium, Singapura.

Timnas Indonesia Moncer! Bung Towel Tetap Kasih Nilai Jeblok ke STY: 6,5 dari 10

Pada gelaran Piala AFF 2018, skuat Timnas Indonesia didominasi oleh pemain-pemain jebolan Asian Games 2018. Dari 23 nama pemain yang dibawa pelatih Bima Sakti, tercatat hanya ada dua penyerang murni yakni Alberto 'Beto' Goncalves dan Dedik Setiawan.

Menurut mantan penyerang Timnas Indonesia, Indriyanto Nugroho, hal ini merupakan sesuatu yang biasa di sepakbola modern. Karena, setiap pemain selain striker harus bisa memanfaatkan setiap peluang untuk menjadi gol.

Prediksi Piala Asia U-23: Korea Selatan vs Timnas Indonesia

Indriyanto juga yakin bahwa skuat yang didaftarkan pelatih Bima Sakti ke Piala AFF merupakan pilihan terbaiknya. Meski pun, ia menyebutkan bahwa Beto dan Dedik bukan striker nomor 9 yang diharapkannya.

Alberto Goncalves Da Silva (Beto)

Mengganas di Piala Asia, Timnas Indonesia U-23 Jadi Perbincangan di Qatar

"Mungkin coach Bima mempunyai pandangan lain untuk tidak membawa striker lebih. Memang Dedik dan Beto punya karakternya sendiri. Tapi, kalau tolak ukurnya classic number 9, keduanya belum punya itu. Beto memang dianggap striker murni nomor 9, tapi usianya sudah mau kepala 4. Sementara, Dedik adalah striker yang memiliki kecepatan. Jadi, coach Bima harus mencari alternatif lain," kata Indriyanto.

Namun, Indriyanto menyakini bahwa skuat Garuda Jaya telah memiliki banyak pemain yang mempunyai naluri mencetak gol. Nama-nama seperti, Stefano Lilipaly, Evan Dimas, Febri Hariyadi, Riko Simanjuntak dan Andik Vermansyah adalah pemain yang bukan striker, tapi nantinya mereka bisa menjadi solusi keran gol Merah Putih.

"Perpaduan pemain senior dan junior yang dibawa oleh coach Bima mungkin bisa menjadi solusi dalam mencari gol. Karena coach Bima mungkin akan mengharapkan gol dari setiap pemain yang akan dipasangnya.

Apalagi, pemain yang dibawa kebanyakan mungil-mungil. Mungkin kecepatan akan menjadi andalan, nama-nama seperti Evan Dimas, Febri, Riko dan Andik kita tahu adalah pemain-pemain yang memiliki kecepatan sangat bagus dan kelebihan ini yang bakal dimaksimalkan oleh coach Bima," ucapnya.

"Alternatif lain dari coach Bima mungkin akan memasang Lilipaly sebagai penyerang nomor 9 karena selama ini kita mengetahui Lilipaly adalah second striker yang mumpuni juga," ujar mantan pemain PSIS Semarang ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya