Timnas Indonesia Krisis Striker, Jangan Kambing Hitamkan Pemain Asing

Budi Sudarsono (kanan) dan Bambang Pamungkas
Sumber :
  • VIVAnews/Zika Zakiya

VIVA – Krisis striker yang menimpa Timnas Indonesia ternyata menjadi sorotan dari mantan penyerang era 2000an, Budi Sudarsono. Ia heran mengapa pemain Indonesia di zaman sekarang sangat sedikit yang mau mengisi posisi ujung tombak.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Terlalu banyaknya striker asing di skuat klub Liga 1 seharusnya tak menjadi alasan. Sebab, striker lokal sejatinya memang harus siap bersaing dengan pemain asing di klubnya masing-masing.

"Tahun ini memang kelemahan Timnas Indonesia ada di striker. Hal itu juga karena tim-tim di Liga 1 mayoritas dihuni oleh striker-striker asing. Tapi, saya rasa itu tidak boleh jadi alasan buat pemain lokal. Mereka harus bersemangat, mengambil sisi positif dari pemain asing, lalu praktekkan di lapangan supaya bisa bersaing dengan pemain-pemain asing," kata Budi.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

Lebih lanjut, Budi berharap klub-klub Liga 1 juga melakukan pembinaan terhadap striker lokal agar mampu bersaing. Ia melihat, saat ini tim-tim di Indonesia hanya memikirkan prestasi yang jangka pendek tanpa mempedulikan pembinaan pemain itu sendiri.

"Kalau menurut saya, sepakbola Indonesia dari segi komersial sudah maju pesat dari sebelumnya. Tapi untuk membina pemain-pemain nasional sendiri masih kurang," kata Budi.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa

"Sekarang boleh saja klub mempunyai kekuatan yang bagus di semua lini. Tapi, di Liga 1 ini jarang striker lokal yang bisa bersaing. Justru, di zaman saya banyak pemain lokal yang berkembang meski banyak juga pemain asingnya," imbuhnya.

Budi pun berpesan kepada para striker lokal untuk terus berjuang menampilkan permainan  terbaik agar bisa menembus skuat utama di klubnya masing-masing. Selain itu, kehadiran striker asing seharusnya tidak dijadikan momok.

"Jadi, untuk striker lokal, ambil sisi positifnya dari kehadiran pemain asing itu. Bagaimana caranya mereka bisa masuk kesini. Tapi jangan patah semangat untuk mengalahkan pemain asing. Semua pasti bisa dilakukan, enggak ada yang enggak mungkin," tutur Budi.

Ingin lihat preview lengkap jelang Timnas Indonesia melawan Timor Leste dalam lanjutan Piala AFF nanti malam? Cek dalam JELANG LAGA di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya