Miro Baldo Bento, Eks Bomber Indonesia yang Kini Bela Timor Leste

Eks striker Persija Jakarta, Miro Baldo Bento
Sumber :
  • Facebook

VIVA – Nama Miro Baldo Bento mungkin asing dengan anak zaman now. Namun, untuk para penikmat sepakbola nasional era 1990-an, Miro Baldo jadi salah satu nama yang diperhitungkan.

Legeenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Di era 1990-an, Miro sempat merumput bersama dua tim raksasa Indonesia, PSM Makassar dan Persija Jakarta. Saat itu, Miro juga kerap masuk ke skuat Timnas Indonesia.

Bahkan, Miro sempat jadi top scorer Timnas di ajang Piala AFF 1998. Ya, 1998 merupakan masa di mana Miro ikut membela Timnas di ajang Piala AFF (saat itu masih bernama Piala Tiger).

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Edisi 1998 menjadi masa terkelam bagi sepakbola Indonesia. Sebab, di masa itulah terjadi praktik sepakbola gajah.

Indonesia dipaksa mengalah dari Thailand, demi menghindari tuan rumah Vietnam di semifinal. Namun, yang menarik adalah Miro tetap tampil militan dan tak ikut instruksi untuk kalah dari Thailand. Dia sempat mencetak satu gol ke gawang Thailand, meski akhirnya Timnas kalah 2-3.

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Di penghujung turnamen, Miro dinobatkan sebagai top scorer bersama pelatih Persela Lamongan sekarang, Aji Santoso. Dia mencetak tiga gol pada Piala AFF edisi 1998. Ketika itu pula, Miro merumput bersama trio pelatih Timnas: Bima Sakti Tukiman, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Kurnia Sandi.

Sepanjang kariernya bersama Timnas, Miro tampil sebanyak sembilan kali. Hanya tiga gol yang berhasil dicetak Miro bersama Pasukan Merah Putih.

Usai Timor Leste menyatakan kemerdekaannya pada 2005 silam, pria kelahiran Dili itu memutuskan untuk berganti kewarganegaraan. Dia menjadi warga negara Timor Leste.

Setelahnya, karier Miro langsung meredup. Di Indonesia, dia berpindah-pindah klub. Mulai dari Persmin Minahasa, Persiba Balikpapan, Persela, PSBL Langsa, hingga PSIS Semarang.

Miro sempat main di kampung halamannya bersama FC Porto Taibesi. Usai pensiun, Miro sempat menjadi asisten pelatih di Porto Taibesi.

Kini, Miro didapuk sebagai asisten pelatih Timnas Timor Leste, mendampingi Norio Tsukitate. (one)

Lihat preview lengkap jelang Timnas Indonesia melawan Timor Leste dalam lanjutan Piala AFF nanti malam? Cek dalam JELANG LAGA di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya