Belum Pernah Juara, Indonesia Justru Punya Rekor Apik di Piala AFF

Bomber legendaris Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto di Piala Tiger 2004.
Sumber :
  • vanfutbol.com

VIVA – Gelaran akbar Piala AFF 2018 kini tengah menjadi demam bagi para pencinta si kulit bundar. Suporter Merah Putih pun terus menantikan penampilan apik Hansamu Yama Pranata cs memburu sukses di ajang dua tahunan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar dengan Rekor Mengerikan Korea Selatan

Jika menengok ke belakang, meski belum sekalipun mampu meraih lambang supremasi sepakbola Asia Tenggara itu namun skuat Garuda setidaknya punya satu rekor apik yang belum bisa ditandingi negara lain.

Torehan cemerlang tersebut tak lain adalah catatan sebagai tim pemilik koleksi gol terbanyak sepanjang sejarah Piala AFF atau yang dulu bernama Piala Tiger.

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar

Dari pentas bergengsi di dataran ASEAN itu, memang banyak penyerang-penyerang Tanah Air yang unjuk gigi dan banjir apresiasi seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Boaz Solossa, Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales.

Dilansir FOX Sports Asia, sejak gelaran perdana Piala Tiger pada 1996 hingga Piala AFF 2016 lalu, tercatat Indonesia telah berhasil mengoleksi 145 gol dalam 58 laga yang telah dilakoni.

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

Jumlah tersebut praktis lebih banyak dari torehan yang dikemas deretan kompetitor Asia Tenggara seperti Thailand dengan 141 gol atau Vietnam yang hanya 121 gol.

Selain itu, bomber Indonesia pun pernah empat kali meraih gelar sebagai top scorer atau pencetak gol terbanyak yaitu Gendut Doni Christiawan (2000), Bambang Pamungkas (2002), Ilham Jaya Kesuma (2004) dan Budi Sudarsono (2008).

Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024