Tekuk Timor Leste, Indonesia Masih Dihantui Tantangan Berat

Piala AFF 2018 Indonesia vs Timor Leste
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sebuah langkah positif mampu dicapai Timnas Indonesia di laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF 2018. Menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, tim besutan Bima Sakti berhasil menang 3-1, Selasa 13 November 2018.

Terpopuler: Hasil Apik Timnas Indonesia U-23, Anthony Ginting Tembus Olimpiade 2024

Torehan ini menjadi sangat krusial bagi skuat Garuda untuk menjaga peluang lolos ke semifinal. Grup B yang merupakan grup neraka berisikan tim sejumlah tim tangguh yang berebut masuk fase gugur.

Tantangan besar bagi Indonesia pun mengadang kala di laga pertama Hansamu Yama Pranata takluk 0-1 dari tuan rumah Singapura. Sementara itu, di duel lainnya, Thailand mampu menang besar 7-0 dari Timor Leste.

Lengkap! Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Qatar

Sementara itu, di laga kedua, Singapura harus takluk 0-1 dari tuan rumah Filipina bersamaan dengan kemenangan 3-1 Indonesia atas Timor Leste.

Situasi ini menjadikan ada 4 tim yang sama-sama memiliki nilai tiga yakni Thailand, Indonesia, Filipina, dan Singapura. Keempat tim ini pula masih berpeluang sama untuk bisa lolos ke semifinal.

Erick Thohir: Kemenangan Lawan UEA Tambah Semangat Timnas Indonesia Tatap Piala Asia U-23

Sayangnya, kondisi berat harus dihadapkan skuat Garuda mengingat di laga ketiga harus bertandang ke Thailand dan menjamu Filipina pada laga pamungkas penyisihan Grup B.

Kedua lawan Indonesia ini punya reputasi bagus, di mana tim Negeri Gajah Putih merupakan juara bertahan, sedangkan skuat The Azkals kini diarsiteki pelatih top Sven Goran Eriksson.

Secara umum, Indonesia harus bisa meraih kemenangan jika ingin punya peluang lolos yang aman dari ancaman tim lain. Hal ini mengingat Filipina dan Singapura tetap bisa jadi batu sandungan yang membuat sulit langkah Merah Putih ke empat besar.

Baca: Belum Pernah Juara, Indonesia Justru Punya Rekor Apik di Piala AFF

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya