Bukti Riko Simanjuntak Jadi Pembeda di Laga Kontra Timor Leste

Riko Simanjuntak
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste di laga kedua Piala AFF, Selasa 13 November 2018, tak terlepas dari peran Riko Simanjuntak. Masuknya winger mungil itu di babak kedua, membuat permainan Indonesia lebih menggigit.

Hasil Qatar Vs Timnas Indonesia U-23 Dibatalkan karena Protes ke AFC? Begini kata Sang Manajer

Harus diakui, Febri Hariyadi kurang maksimal di laga melawan Timor Leste. Berbagai manuver Febri mudah dibaca dan dipatahkan lawan.

Perubahan dilakukan oleh pelatih Bima Sakti Tukiman. Dia memasukkan Riko pada menit 56 dan menarik Febri.

Klasemen Piala Asia U-23 2024 Usai Timnas Indonesia Ditekuk Qatar

Keputusan yang tepat. Masuknya Riko membuat sektor kiri pertahanan Timor Leste kewalahan. Mereka harus bekerja keras menghentikan kecepatan dan liukan-liukan Riko.

Catatan statistik yang dikeluarkan Labbola juga menunjukan efektivitas Riko. Akurasi operannya mencapai 89 persen. Atas aksinya, pemain Persija Jakarta itu juga mampu menciptakan empat peluang di depan gawang Timor Leste.

Wasit Musuh Terbesar Timnas Indonesia U-23, Ini 4 Kontroversi Nasrullo Kabirov Semalam

Sumbangsih terbesarnya adalah saat memberikan umpan silang matang kepada Alberto Goncalves di menit 82. Umpan tersebut menjadi santapan empuk bagi Beto untuk dikonversikannya menjadi gol ketiga Indonesia.

"Semuanya berkat kerja keras pemain tanpa terkecuali. Tenaga Timor Leste juga terkuras dan kami bisa memanfaatkannya," kata Riko menanggapi aksinya di laga kontra Timor Leste.

Lihat liputan VIVA.co.id saat melihat comeback dramatik Timnas Indonesia atas Timor Leste di Piala AFF kemarin? Cek langsung dalam Matchday Vlog di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya