Fakta: Akurasi Operan Indonesia Memburuk Meski Menang Atas Timor Leste

Piala AFF 2018 Indonesia vs Timor Leste
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ada apa dengan Timnas Indonesia? Pertanyaan ini tetap muncul, meski Indonesia mampu menang atas Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Kano, Selasa 13 November 2018. Sebab, performa Indonesia masih jauh dari harapan.

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Di laga melawan Timor Leste, Indonesia tampil tak menggigit di awal babak pertama. Mereka malah sering melakukan kesalahan mendasar di awal pertandingan.

Banyak kesalahan umpan yang dilakukan. Itu membuat para pemain Timor Leste berani mendobrak dan mengembangkan permainan. Beruntung, hingga babak pertama berakhir, Indonesia tak kebobolan.

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

Petaka menghampiri Indonesia di menit 48. Mereka kebobolan lewat gol spektakuler pemain Timor Leste, Rufino Walter.

Usai kebobolan, para pemain Indonesia justru tampil kesetanan. Mereka tak memberikan napas kepada para pemain Timor Leste. Kesalahan mendasar yang dibuat, jarang terlihat.

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Fenomena ini juga diimbangi dengan adanya perubahan di susunan pemain. Masuknya Riko Simanjuntak membuat permainan Pasukan Garuda lebih bertenaga. Pun dengan Stefano Lilipaly. Hingga akhirnya, Indonesia menang dengan skor 3-1.

Piala AFF 2018 Indonesia vs Timor Leste

Menang, Indonesia sebenarnya masih harus berbenah di sektor organisasi permainan. Ada ketimpangan yang begitu terlihat antara penguasaan dengan ketepatan dalam penyusunan organisasi permainan.

Situs resmi AFF mengeluarkan statistik pertandingan Indonesia versus Timor Leste. Dari statistik yang ada, Indonesia jauh lebih baik dalam urusan penguasaan bola, 63,8 persen berbandng 36,2 persen.

Namun, Indonesia menorehkan catatan buruk dalam urusan akurasi operan. Akurasi operan Indonesia cuma mencapai 72,9 persen.

Dibandingkan saat melawan Singapura, akurasi operan Indonesia di laga melawan Timor Leste lebih buruk. Sebagai informasi, saat menghadapi Singapura, akurasi operan Indonesia mencapai angka 77 persen.

Artinya, pelatih Bima Sakti Tukiman harus bekerja keras dalam membangun organisasi permainan lebih rapi.

Urusan penyelesaian akhir juga jadi catatan lain. Akurasi tembakan Indonesia cuma ada di angka 22,2 persen. Timor Leste justru jauh lebih efektif karena akurasi tembakan mereka mencapai 35,7 persen.

Ditotal, Indonesia melepaskan 15 tembakan dan 11 di antaranya melenceng. Kemudian, Timor Leste melepaskan 12 tembakan dengan lima mengarah ke gawang.

Sebelum bicara mampu membekuk Thailand, sudah seharusnya masalah-masalah ini diperbaiki oleh Indonesia.

Lihat liputan VIVA.co.id saat melihat comeback dramatik Timnas Indonesia atas Timor Leste di Piala AFF kemarin? Cek langsung dalam Matchday Vlog di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya