Timnas Indonesia Benahi Sistem hingga Rotasi untuk Lawan Thailand

Pemain timnas Indonesia Stefano Lilipaly (kiri) menerima operan dibayangi pemain timnas Timor Leste Feliciano Pinheiro Goncalves dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti berjanji akan memperbaiki organisasi permainan saat bertemu Thailand di laga ketiga Piala AFF 2018. Pertandingan Thailand melawan Indonesia akan berlangsung, Sabtu, 17 November 2018 di Stadion Rajamangala, Thailand.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Salah satu indikasi pemain Indonesia yang masih kurang bagus adalah dari statistik yang dikeluarkan situs AFF. Akurasi operan Indonesia hanya 72,9 persen.

Sedangkan lawan Singapura di laga pertama, akurasi operan Indonesia mencapai 77 persen.

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

"Yang pasti kita harus memperbaiki sirkulasi harus lebih cepat lagi. Komunikasi dan jalannya bola harus lebih cepat," kata Bima saat ditemui sebelum menuju ke Thailand, Rabu, 14 November 2018 di Hotel Sultan.

"Organisasi bertahan secara kolektif kemudian komunikasi baik yang terpenting di semua lini. Kita tetap akan bermain normal, semua harus fokus dan mencuri poin di sana," tambah Bima.

Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar dengan Rekor Mengerikan Korea Selatan

Indonesia memang memiliki modal bagus jelang keberangkatan ke Thailand. Hansamu Yama Pranata cs berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa, 13 November 2018.

Bima Sakti Tukiman

Lakukan Rotasi

Selain memperbaiki sistem permainan, Bima pun mengaku akan melakukan rotasi pemain. Sebelumnya dia juga sudah menjelaskan bakal mengandalkan pengalaman pemain senior di laga itu.

"Rotasi pasti dilakukan, karena untuk menjaga stamina pemain. Yang terpenting kami fokus untuk menghadapi Thailand, mereka adalah tim yang bisa dibilang kuat di ASEAN," kata Bima.

Satu nama yang wajib mendapat tempat utama saat menghadapi Tim Gajah Putih adalah winger mungil Persija Jakarta, Riko Simanjuntak. Sang pemain di laga kontra Timor Leste tampil cemerlang setelah Indonesia mengalami kebuntuan.

Dia akhirnya menyumbang satu assist dan membawa Indonesia menang dengan skor 3-1.

Lebih lanjut, bek Indonesia, Hansamu Yama mengaku siap memberikan penampilan maksimal. Targetnya menang untuk menjaga asa lolos dari fase grup.

"Kemarin pertandingan berat, sebab di pertandingan pertama kalah, kami sedikit terbebani karena butuh kemenangan. Kalau lawan Thailand sekarang yakin In Sya Allah bisa. Kita mulai adaptasi lagi," tambah Hansamu.

Lihat liputan VIVA.co.id saat melihat comeback dramatik Timnas Indonesia atas Timor Leste di Piala AFF kemarin? Cek langsung dalam Matchday Vlog di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya