Performa Merosot Timnas Indonesia Gara-gara Jadwal Kompetisi?

Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (tengah) melakukan selebrasi usai terjadi gol untuk Indonesia saat melawan Timor Leste dalam pertandingan penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Meski meraih kemenangan di laga kedua babak penyisihan grup Piala AFF 2018 melawan Timor Leste, namun penampilan Timnas Indonesia masih belum memuaskan. Secara permainan, Tim Merah Putih dianggap tidak menunjukkan kelas mereka sebenarnya.

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Sebelumnya Indonesia tumbang 0-1 dari Singapura. Hasil itu sudah membuat banyak pihak mempertanyakan kinerja pelatih Bima Sakti.

Melawan Timor Leste, Indonesia pun sempat ketinggalan lebih dulu. Untungnya mereka bisa bangkit dan balik merebut tiga poin.

Mengejutkan! Rangking FIFA 8 Negara Eropa Ini Ada di Bawah Timnas Indonesia

Atas kondisi itu, pengamat sepakbola, Supriyono, memberikan pandangan. Dia menilai permainan kurang buruk Indonesia karena para pemain kelelahan akibat padatnya jadwal kompetisi.

"Dalam situasi apapun saya mengapresiasi. Kalau saya melihat mereka itu kelelahan karena kompetisi. Mereka tidak ada jeda," kata Supriyono saat dihubungi VIVA, Kamis, 15 November 2018.  

Timnas U23 Dicurangi Wasit, Fitri Carlina Sangat Kecewa dan Ungkapkan Kekesalannya

"Akibatnya kalau kita lelah maka akan sulit untuk berfokus dan berkonsentrasi. Jadwal klub dan intensitas mereka bermain terlalu padat," tambah mantan pemain nasional itu.

Skuat timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Menurut Supriyono, untuk masa recovery fisik pemain paling tidak membutuhkan waktu 72 jam. Para pemain itu bukan hany lelah secara fisik saja, tapi juga lebih kepada psikis.

"Bisa saja mereka terganggu karena klub mereka sedang berjuang di liga. Di satu sisi mereka dibayar oleh klub, di sisi lain pemain ingin memakai jersey timnas," jelas Supriyono.

Lihat liputan VIVA.co.id saat melihat comeback dramatik Timnas Indonesia atas Timor Leste di Piala AFF kemarin? Cek langsung dalam Matchday Vlog di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya