PSSI Bakal Kirim Calon Pemain Timnas U-16 Berguru ke Inggris

Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – PSSI menyusun program yang mirip dengan Primavera dan Baretti untuk Timnas Indonesia U-16. Rencananya, calon pemain Timnas U-16 akan diterbangkan untuk mengikuti pemusatan latihan di Inggris.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Proyek ini nantinya akan dipimpin langsung oleh alumnus program Primavera PSSI, Bima Sakti Tukiman, yang baru saja ditunjuk sebagai pelatih Timnas U-16. Bima nantinya akan terlibat langsung dalam proyek bernama Garuda Selection tersebut.

Sebanyak 25 pemain U-16 nantinya bakal disaring dari kompetisi Liga 1 U-16, Elite Pro Academy. Mereka yang terbaik akan berlatih di markas Blackburn Rovers, selama enam hingga delapan bulan.

Nova Arianto Ungkap Pesan Shin Tae-yong, Sebut-sebut Pemain Titipan

Dari rancangan awal, proyek ini akan dilangsungkan pada 2019 mendatang.

"Kami menunjuk Bima Sakti karena dia terlibat dengan program Garuda Selection yang akan terbang ke Inggris pada awal 2019. Mereka akan melakoni pemusatan latihan di Blackburn selama enam hingga delapan bulan," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 Selesai, Nova Arianto: Fisik Mereka Jauh dari Harapan

Bima mendapat kontrak setahun dari PSSI. Tapi, federasi tertinggi sepakbola Indonesia itu memberi sinyal jika program ini akan berjalan selama beberapa tahun ke depan.

"Kontrak (Bima) sekurang-kurangnya satu tahun. Tapi, PSSI akan melihat program ini sampai dua hingga tiga tahun ke depan," tutur Joko. (mus)

Seleksi pemain Indonesia U-16

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

Indonesia U-16 menjalani seleksi tahap kedua di Jakarta International Stadium, Kamis 28 Maret 2024. Pelatih Nova Arianto langsung mengetes fisik pemain yang dipanggil.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024