PSSI Sepakati Pembentukan Badan Independen Wasit Profesional

Ketua Umum PSSI, Joko Driyono
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto

VIVA – Kongres Tahunan PSSI yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Minggu 20 Januari 2019 salah satunya menghasilkan kesepakan membentuk badan independen wasit profesional. Nantinya wasit yang bertugas di Liga 1 dan Liga 2 tergabung di dalamnya.

Pesan Edy Rahmayadi untuk Ketum PSSI Baru: Fokus, Jangan Kerjakan Tugas yang Lain

Menurut Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, keputusan itu amat penting. Karena ada tiga hal yang akan menjadi fokus setelah dibentuknya badan independen tersebut.

Yang pertama adalah sistem dan infrastruktur. Kemudian mengenai manajerial dan SDM  (Sumber Daya Manusia). Menurut pria yang karib disapa Jokdri itu, persoalan pengembangan profesionalitas wasit memang sudah menjadi program PSSI sejak tahun lalu.

LIB: Liga 2 Kembali Bergulir 24 Februari 2023, Tapi...

"Bersama FIFA PSSI mendapatkan bantuan yang besar untuk masalah ini. Hal lain dalam kongres ini kami menangkap keinginan stakeholder sepakbola 2019 dengan tantangan yang tidak mudah, kita ingin bahu membahu menyatukan tekad kembali," ujarnya.

Jokdri terpilih sebagai Ketum PSSI menggantikan Edy Rahmayadi yang mundur saat menyampaikan pidato sambutan. Tantangan hingga akhir periode di tahun 2020 harus bisa diselesaikan.

Iwan Budianto Minta Namanya Dihapus dari Calon Waketum PSSI

"Ibarat permainan sepakbola selama 90 menit, maka dalam kepengurusan sekarang memasuki paruh babak kedua. Tahun 2016-2017 babak pertama, tahun 2019-2020 babak kedua. Tantangan bisa dilalui melalui dukungan semua pihak, maka yang sulit menjadi mudah," imbuhnya.

Tugas berat kepengurusan PSSI era Jokdri kali ini adalah menyelesaikan masalah pengaturan skor. Karena selama ini mereka terlihat pasif, padahal kepolisian melalui Satgas Antimafia Bola sudah menjadikan 11 orang tersangka.

Rapat Komite Eksekutif PSSI

Penetapan Kongres Tahunan PSSI dan Rencana Wasit Jepang serta Inggris di Liga 1

Komite Eksekutif PSSI menggelar rapat pada Rabu 3 April 2024 di Jakarta. Dalam rapat tersebut, diambil keputusan untuk menetapkan waktu Kongres Tahunan PSSI.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024