Tingkatkan Kondisi Fisik, Timnas U-22 Kelilingi Bukit Senayan

Latihan Timnas Indonesia U-22
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Timnas Indonesia U-22 melakoni latihan yang tak biasa pada Rabu pagi, 23 Januari 2019. Seluruh pemain hanya melakukan latihan endurance atau daya tahan, dengan lari mengelilingi Bukit Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno.

Nadeo Argawinata Tanggapi Santai Psy War dari Timnas Vietnam

Dipimpin langsung oleh asisten pelatih Nova Arianto, Witan Sulaeman cs diharuskan melahap menu latihan dengan berlari di trek yang menanjak dan menurun selama 45 menit.

Hal ini dilakukan oleh tim pelatih demi meningkatkan kondisi fisik pemain yang masih dalam tahap transisi setelah menjalani libur kompetisi.

Jersey Timnas Indonesia Resmi Diluncurkan, Netizen Beri Pujian

"Hari ini tetap dengan konsen kita di minggu ini yaitu masalah fisik, jadi hari ini kita adakan latihan endurance. Mereka lari 45 menit dengan lari fartlek," ujar pelatih berusia 40 tahun itu.

"Saya lihat daya tahan para pemain setelah dari klub melewati pre-season, jadi masih dalam masa transisi sehingga kondisi pemain mulai lagi dari nol," ungkapnya.

Walau Dihujat, PSSI Harap Suporter Beli Jersey Timnas Indonesia

Dalam latihan tersebut, ditambahkan Nova, pemain tak hanya sekadar berlari saja, tapi juga terdapat aspek sepakbola dalam latihan.

"Di situ ada joging, ada sprint-nya, ada jalannya juga, semua aspek. Selama 45 menit pemain tidak hanya lari, tapi juga di sana ada aspek sepakbolanya. Ada lari, ada sprint, ada lari mundur, ada lompat," ujar eks pemain Persib Bandung.

Lebih lanjut, Nova menambahkan, kondisi pemain Timnas U-22 saat ini sudah mencapai 60 persen. Dia berharap seluruh aspek sudah mencapai tingkat maksimal saat Piala AFF U-22 digelar, Februari mendatang.

"Peningkatan sudah cukup baik, setelah melewati tiga minggu pemusatan latihan. Daya tahan para pemain sudah sekitar 50-60 persen. Semoga bisa lebih baik lagi waktu di Piala AFF nanti," kata Nova.

"Hal tersebut jadi yang kami perhatikan lebih dulu untuk ditingkatkan. Karena dengan endurance yang kuat, taktik apa pun yang diberikan akan bisa dijalankan dengan baik juga," jelasnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya